Seorang pedagang membeli beras jenis A sebanyak 25 kg dengan harga 6000 per-kg dan 15 kg beras jenis B dengan harga 4000 per-kg. kedua beras tersebut dicampur dan dijual, jika pedagang ingin mendapat lapa 4%. Berapakah harga jual per-kg??

Jawabnya pake cara yaa:D MAKASIHHHHH

2

Jawabanmu

2014-03-25T15:27:16+07:00
Diketahui:
beras A = 25 kg ; 6000/kg
beras B = 15 kg ; 4000/kg
laba ; 4%
jawab:
beras A; 25 x 6000 = 150.000
beras B: 15 x 4000 = 60.000
beras seluruhnya : 150.000 + 60.000 = 210.000
keuntungan: 210.000 x 4% = 210.000 x 4/100 = 8400
jadi, 210.000 + 8400 = 218.400 (harga jualnya)

semoga membantu
jadikan jawaban terbaik ya.
makasiih
Jawaban paling cerdas!
2014-03-25T15:28:48+07:00
Beras A = 25 kg,  6.000/Kg,  harga beli = 25×6.000 = 150.000
Beras B = 15 kg,  4.000/Kg,  harga beli = 15×4.000 = 60.000

harga beli total = 150.000+60.000 = 210.000
harga jual total (laba 4%) = (1 +  \frac{4}{100} )×210.000 =  218.400 
harga jual /Kg =  \frac{218.400}{25+15} = 5.460/Kg
2 5 2