Dekomposer adlh merupakan komponen biotik. Dekomposer biasanya disebut pengurai yaitu makhluk hidup heterotrof yg menguraikan zat-zat organic kembali. Sebagai contohnya jamur dan bakteri.Dekomposer mempunyai peranan yang penting dalam ekosistem. Hewan/tumbuhan yg mati akn diuraikan dan dikembalikan ketanah sehingga menjadi unsure hara/ zat anorganik yg penting untk perkembangan tumbuhan. Selain itu aktivitas pengurai juga dpat menghasilkan gas karbondioksida yg sangat berguna proses fotosintesis

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-25T08:41:33+07:00
Decomposer adalah makhluk hidup yang berfungsi untuk menguraikan makhluk hidup yang telah mati, sehingga materi yang diuraikan dapat diserap oleh tumbuhan yang hidup disekitar daerah tersebut. Beberapa jenis cacing tanah antara lain: Pheretima, Periony dan Lumbricus. Ketiga jenis cacing tanah ini menyukai bahan organik yang berasal dari pupuk kandang dan sisa-sisa tumbuhan. Cacing memiliki banyak kegunaan antara lain: membantu menghancurkan bahan organic yang dapat mempengaruhi kesuburan suatu tanah, Bahan Pakan Ternak, Bahan Baku Obat dan bahan ramuan untuk penyembuhan penyakit, Bahan Baku Kosmetik dan bahan baku makanan untuk beberapa jenis cacing yang dapat dikonsumsi dan bermanfaat bagi manusia.
jadikan yang terbaik yah!!!!

9 4 9
2014-03-25T08:41:43+07:00
dekomposer adalah organisme yg mengurai bahan organik mjadi anorganik
3 4 3