Jawabanmu

2014-03-24T21:42:02+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1)     Rima berdasarkan bunyi :
1.     Rima SempurnaSeluruh suku akhirnya berirama samaContoh :
ma – lang
ma – ti
pa – lang
ha - ti
2.     Rima Tak SempurnaHanya sebagian suku akhir yang samaContoh :
pu – lang
pa - gi
tu – kang
ha - ri
3.     Rima MutlakSeluruh kata berima
Contoh :
Mendatang-datang jua
Kenagan masa lampau
Menghilang muncul jua
Yang dulu sinau-silau
                Kata jua yang diulang dua kali pada tempat yang sama itu berima mutlak.4.   Rima TerbukaYang berima adalah suku akhir suku terbuka dengan vokal yang sama.
Contoh :
bu – ka
ba – tu
mu – ka
pa – lu
5.     Rima TertutupYang berima itu suku akhir suku tertutup dengan vokal yang diikuti konsonan yang sama. Contoh :
hi – lang
su – sut
ma – lang
ta – kut
6.   Rima AliterasiYang berima adalah bunyi-bunyi awal pada tiap-tiap kata yang sebaris, maupun pada baris-baris berlainan.Contoh :Bukan beta bijak berperi
Pandai mengubah madahan syair
Bunyi b pada kata-kata dalam baris pertama bait puisi di atas disebut rima aliterasi.
7.   AsonansiYang berima adalah vokal-vokal yang menjadi rangka kata-kata, baik pada satu baris maupun pada baris-baris berlainan. Contoh :
se – cu – pak
tum - bang
se – cu – kat
mun – dam
Yang disebut asonansi ialah vokal-vokal e – u – a dan u – a pada kata-kata tersebut di atas.  
8.      Rima DisonansiRima ini adalah vokal-vokal yang menjadi rangka kata-kata seperti pada asonansi tetapi memberikan kesan bunyi-bunyi yang berlawanan.

Contoh :
Tin – dak
    tan – duk ( i– a / a – u )

Mon – dar
   man – dir ( o – a / a – i )





2)   
Berdasarkan letak kata-kata dalam baris
1.     Rima AwalApabila kata-kata yang berima terdapat pada awal-awal kata.
Contoh :
Pemuda kaulah harapan bangsa
Pemuda jangan suka berpangku tangan

2.     Rima TengahApabila kata-kata yang berima terletak di tengah.
Contoh :
Pemuda kaulah harapan bangsa
Pemudi kaulah harapan negeri

3.     Rima AkhirApabila kata-kata yang berima terletak pada akhir.
Bentuk ini banyak digunakan dalam bentuk Pantun, Syair dan Gurindam.
         Contoh :
Tolong - menolong umpama jari
Bantu membantu setiap hari
Bekerja selalu berlima diri
Itulah misal Tuhan memberi
4.     Rima DatarApabila rima kata-kata yang berima itu terdapat pada baris yang sama.
Contoh :
Air mengalir menghilir sungai
(bunyi ir pada akhir ketiga kata)

5.     Rima SejajarApabila sepatah kata dipakai berulang-ulang dalam kalimat yang beruntun.Contoh :Dapat sama laba
Cicir sama rugi
Bukit sama didaki
Lurah sama dituruni
Berat sama dipikul
Ringan sama dijinjing
Terapung sama hanyut
Terendam sama basah.

6.     Rima TegakApabila kata-kata yang berima terdapat pada baris-baris yang berlainan.
Contoh :        Terlipat                                                          
                       Terikat
                       Engkau mencari
                       Terang matahari
                       Melambai
                       Melombai
                       Engkau beringin
                       Digerak angin
                       Terhibur
                       Terlipur
                       Engkau bermalam
                       Di tepi kolam
                                                                      (J.E. Tatengkeng)
       7. Rima RangkaiApabila umpamanya baris pertama berima dengan baris keempat, baris kedua berima dengan baris ketiga. Rima ini terletak pada bentuk Soneta dengan rimaa – b – b – aContoh :Perasaan siapa ta’kan nyala ( a )
Melihat anak berlagu dendang ( b )
Seorang sajak di tepi padang ( b )
Tiada berbaju buka kepala ( a )

       8.  a. Rima Bersilang (Rima Salib)Rima yang letaknya berselang-selang.
Misalnya baris pertama berima dengan baris ketiga, dan baris kedua berima dengan baris keempat.
 Rima ini dapat kita jumpai dalam bentuk Pantun yang berrumus a – b – a – b.

Contoh :Burung nuri burung dara ( a )
Terbang ke sisi taman kayangan ( b )
Karangan janggal banyak tak kena ( a )
Daripada paham belum 
simpangan ( b )
            b. Rima Bersilang (Rima Salib)                Apabila kata-kata yang berima terdapat pada kalimat-kalimat yang beruntun.
                Bentuk ini dapat kita jumpai dalam bentuk Syair dengan rumusnya
                a – a – a – a ; b – b – b –b  

              Contoh :                   Hatiku rindu bukan kepalang ( a )
              Dendam berahi berulang-ulang ( a )
              Air mata bercucuran selang menyelang ( a )
              Mengenangkan adik kekasih abang ( a )

            Diriku lemah anggotaku layu ( b )
            Rasakan cinta bertalu-talu ( b )
            Kalau begini datanglah selalu ( b )
            Tentulah kanda berpulang dahulu ( b )
       9. Rima KembarApabila kalimat yang beruntun dua-dua berima sama.
Misalnya dengan abjad a – a – b – b atau c – c – d – d – e – e dan seterusnya.

 Contoh :Sedikitpun matamu tak berkerling ( a )
Memandang ibumu sakit berguling ( a )
Air matamu tak bercucuran ( b )
Tinggalkan ibumu tak penghiburan ( b )
                                                                                         ( J. E. Tatengkeng)       10.  Rima PatahApabila dalam bait-bait puisi ada kata yang tidak berima sedangkan kata-kata lain pada tempat yang sama di baris-baris lain memilikinya. Rumus rima patah adalah      – a – b – a atau b – c – b – b
Contoh :Beli baju ke pasar Minggu ( a )
Jangan lupa beli duku ( a )
Beli kemeja ke pasar Senen ( b )
Jangan lupa ajaklah daku ( a )
Beli kemeja ke pasar Senen ( b )
Jangan lupa membe
li dasi ( c )
Jangan suka jajan permen ( b )
Lebih baik dibelikan semen ( b )

         11.  Rima MerdekaTidak ada yang bersajakContoh :Hanya sebuah bintang ( a )
Kelip kemilau ( b )
Tercapak di langit ( c )
Tidak berteman ( d )
10 4 10
Jawaban paling cerdas!
2014-03-24T21:43:54+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.

A. Menurut Letaknya
Rima Silang     => a-b-a-b    [contoh: Pantun]Rima Berpeluk => a-b-b-a    [contoh: Puisi]Rima Rangkai   => a-a-a-a-a  [contoh: Syair]Rima Kembar   => a-a-b-b    [contoh: ------]

B. Menurut Bunyinya
Rima Sempurna        -> apabila suku akhir sama bunyinya.                                                [contoh: berduri-kemari, awan-kawan]Rima Tak Sempurna  -> apabila hanya suku akhir saja yang sama bunyinya.                      [contoh: rindu-gincu,  panjang-senang]Rima Asonasi            -> perulangan bunyi vokal dalam satu suku kata.                           [contoh: benang-kelam, keladi-melati]Rima Aliterasi          -> persamaan bunyi konsonan pada setiap awal kata.                 [contoh:beta-bukan-bijak]Rima Disonansi         -> apabila konsonan-konsonan yang membentuk kata itu sama, tetapi vokalnya berbeda.                                                                                                                    [contoh: giling-gulung]Rima Mutlak            -> apabila seluruh bunyi kata itu sama.                                                     [contoh: laut biru, langit biru, darah biru, tenda biru,dll.
16 4 16