Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-24T21:01:21+07:00
a.    Tahap perkembangan sari (keseluruhan bagaian dari tangkai hingga serbuk sari)Serbuk sari (pollen) yang jatuh pada kepala putik (stigma) terdiri atas satu sel dengan dua dinding pembungkus, yaitu selaput luar (eksin) dan selaput dalam (intin). Eksin pecah, kemudian intin tumbuh memanjang membentuk buluh serbuk sari. Pada tahap selanjutnya, buluh serbuk sari akan tumbuh dan bergerak secara kemotropi menuju ke ruang bakal biji. Bersamaan dengan itu, inti sel serbuk sari membelah menjadi dua; yang besar berada di depan adalah inti vegetatif akan bertindak sebagai penunjuk jalan, dan kecil berada dibelakang adalah inti generatif. Inti generatif tersebut kemudian membelah lagi menjadi dua inti generatif atau spermatozoid. Dalam hal ini terdapat perbedaan antara angiospermae dan gymnospermae. Apabila spermatozoid gymnospermae dilengkapi dengan bulu getar maka pada angiospermae tidak dilengkapi dengan bulu getar.
b.   Tahap pembentukan sel telurBersamaan dengan terjadinya perkembangan sari di dalam buluh serbuk sari, didalam ruang bakal biji, terjadi pembentukan sel telur. Inti kandung lembaga membelah menjadi dua, masing – masing menuju kutub yang berlawanan , yaitu satu bergerak ke kalaza, sedangkan yang lain mendekati mikrofil. Setelah itu, masing – masing membelah lagi menjadi dua, sehingga terbentuklah delapan inti. Tiga inti yang berdekatan dengan kalaza disebut antipoda, dan yang satu bergerak menujuke tengah. Sedangkan tiga inti yang berdekatan dengan mikrofil yang tengah disebut ovum, sedangkan yang mengapitnya berukuran lebih besar disebut sinergik. Satu inti lagi menuju ke tengah seperti halnya yang berdekatan dengan kalaza. Dari kedua inti yang menuju ke tengah tadi akhirnya bersatu dan membentuk calon inti kandung lembaga sekunder yang diploid.
c.    Tahap pembuahanDua spermatozoid yang terbentuk didalam bentuk serbuk sari akan menghasilkan zigot, sedangkan spermatozoid yang atu lagi akan membuahi inti kandung lembaga sekunder, menghasilkan calon endosperma yang triploid. Karena dalam proses ini terjadi dua macam pembuahan maka dinamakan pembuahan ganda.
1 5 1