Tolong buatin MIND MAP tentang Sholat Jamak dan Qasar dong,,,kalo bisa yang lengkap ya..!!

2
Komentar sudah dihapus
ini maksudnya dari MIND dan MAP apa ya..?saya tidak faham kalau tentang sholat jamak qasar saya insya Alloh tahu

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-25T13:43:59+07:00
Qosor adalah meringkas sholat syarat2 mengqosor ada 7 : 1. perjalanannya 2 marhalah 2. perjalannya diperbolehkan( tdk untk maksiat) 3. mengtahui kebolhan mengqosor sholat 4. niat mengqosor ketika takbiratulihram 5. sholat yang diqosor rakaatnya 4 6. terus-menerus dalam perjalanan 7. orang yg mengqosor sholat tidak boleh berjamaah dgn orang yg sempurna( tdk diqosor) sedangkan jamak adalah menggabung 2 sholat fardhu. sperti zuhur dan ashar, magrib dgn isya. jama juga di bagi 2 1. jama' taqdim : menggabung dua sholat fardhu dan dikerjakan di awal waktu ( pda sholat yg pertama) contohnya zuhur ama ashar maka dilakukan di sholat zuhur syarat2 jama' taqdim : 1. dimulai pada sholat yg prtama 2. niat menjama pada sholat yg pertama 3. terus-menerus antara sholat yg pertama dgn yg kedua 4. adanya uzur yang kedua jama' takhir : menggabung 2 sholat fardhu dan dikerjakan di akhir waktu. contohnya sholat zuhur dgn ashar maka dikerjakan di wktu ashar syarat2 jama takhir : 1. niat mengakhirkan sholat selagi masih ada waktu yg pertama yang senggang 2. adanyaa uzur sampai datang wktu yg kedua
1 5 1
2014-03-25T22:26:17+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Shalat Jamak itu menggabungkan 2 shalat fardhu menjadi 1 waktu,bisa di awal bisa di akhir, tanpa mengurangi jumlah rakaat yang ada dalam shalat fardhu. Contoh: Dhuhur dan ashar digabungkan. Dalam pelaksanaannya bisa di waktu dhuhur bisa di waktu ashar. Kalo di awal waktu berarti jamak taqdim dan bila di akhir berarti jamak takhir.
Sedangkan shalat qasar itu meringkas rakaat shalat fardhu. misalnya shalat dhuhur 4 rakaat diqasar menjadi 2 rakaat. Namun, apabila ingin mengerjakan 2 shalat fardhu menjadi satu dan diringkas namanya jamak qasar. Namun, hal itu bisa dilaksanakan apabila sedang dalam perjalanan jauh. Shalat fardhu yang tidak bisa dijama: Shalat shubuh. Shalat yang tidak bisa di qasar: shalat shubuh, shalat magrib