Jawabanmu

2014-03-24T19:28:34+07:00
Fungsi atau Peran Pranata Politik :
Pelindung dan penyaluran aspirasi/hak asasi manusia. sesuai dengan UUD’45, bahwa masyarakat mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam hukum dan pemerintahan. Berdasarkan pengertian tersebut, maka rakyat berhak berpolitik sejauh tetap mematuhi kaidah-kaidah politik yang telah ditetapkan.Memberikan pembelajaran politik bagi masyarakat, dalam hal ini rakyat secara langsung mulai dilibatkan dalam proses penentuan kebijakan. Rakyat ditempatkan sebagai subjek dan bukannya objek kebijakan. Dengan cara ini, akan dapat tercapai keberhasilan pembangunan dan meningkatkan stabilitas sosial.Meningkatkan kesadaran berpolitik di kalangan masyarakat
Contoh : meningkatnya keikutsertaan masyarakat dalam pemilu.

22 3 22
2014-03-24T19:30:19+07:00
Secara umum keberadaan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat berfungsi atau berperan :
a.   
Menjaga keutuhan masyarakat
Kehidupan masyarakat merupakan suatu sistem, sehingga apa yang dilakukan setiap anggota masyarakat baik seacra langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh pada kehidupan masyarakat sekitarnya. Besar kecilnya pengaruh yang ditimbulkan tergantung dari bentuk kegiatan yang dilakukan. Misalnya seorang masyarakat yang tidak pernah mengikuti kerja bakti tanpa alasan apapun. Jika orang tersebut perannya ditengah kegiatan masyarakat hanya sebagai warga biasa, mungkin pengaruhnya yang ditimbulkan sebatas pada munculnya pertanyaan, adaapa dengan orang tersebut. Tetapi jika orang tersebut merupakan tokoh masyarakat, maka keresahan di antara warga mulai nampak. Munculnya keresahan tersebut dapat mengancam keutuhan masyarakat. Dengan adany pranata sosial yang mengatur tentang berbagai bentuk aktivitas manusi, maka akan terwujudlah suasana yang harmonis.
b.    
Sebagai sosial control
Memberikan pegangan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial (social control). Artinya menjadi sistem pengawasan  masyarakat terhadap tingkahlaku anggota-anggotanya.
c.   
Memberikan pedoman pada anggota masyarakat
Pranata sosial memberikan pedoman pada anggota masyarakat. Bagaimana mereka harus bertingkahlaku atau bersikap dalam menghadapi masalah-masalah di masyarakat, terutama yang menyangkut kebutuhan. Pranata sosial memberikan arahan kepada setiap individu bagaimana seharusnya ia melakikan kegiatan dalam memenuhi kebutuhannya, sehingga tidak menimbulkan penyimpangan-penyimpanagn yang dapat meresahkan masyarakat dan mengganggu keharmonisan masyarakat. Seseorang dikategorikan berperilaku menyimpang jika aktivitas yang dilakukan tidak sesuai dengan pranata sosial yang ada. Misalnya mengenakan helm termasuk salah satu norma dalam pranata lalu lintas.
8 4 8