Jawabanmu

2014-03-24T16:08:37+07:00
Yang dimaksud dengan perubahan makna meluas adalah gejala yang terjadi pada sebuah kata atau leksem yang pada mulanya hanya memiliki sebuah ‘makna’ tetapi kerena berbagai faktor menjadi memiliki makna-makna lain. Umpamanya kata saudara yang pada mulanya hanya bermakna ‘seperut’ atau ‘sekandungan’. Kemudian maknanya berkembang menjadi ‘siapa saja yang sepertalian darah’.

Yang dimaksud dengan perubahan menyempit adalah gejala yang terjadi pada sebuah kata yang pada mulanya mempunyai makna yang cukup luas, kemudian berubah menjadi terbatas hanya pada sebuah makna saja. Misalnya kata  sarjana yang pada mulanya berarti ‘orang pandai’ atau ‘cendikiawan’, kemudian hanya berarti ‘orany yang lulus dari perguruan tinggi’

2014-03-24T16:09:49+07:00
Perubahan kata meluas : makna baru yang lebih luas dari makna lama. contoh : ibu (dulu hanya untuk orang tua perempuan kita,kalau sekarang bisa ibu guru,dsb) perubahan kata menyempit : makna yang baru lebih sempit dari makna lama contoh : sarjana (dulu hanya untuk sebutan 'orang pandai', kalau sekarang untuk yang lulusan perguruan tinggi)