Pengeluaran keringat dan urin berbanding terbalik pada kondisi suhu tinggi dan suhu rendah. Artinya ketika suhu tinggi,jumlah pengeluaran keringat meningkat sementara pengeluaran urin menurun dan berlaku sebaliknya. mengapa hal ini bisa terjadi ? bagaimana mekanismenya ?

1
keringat berfungsi mengurangi urine karena air tersebut banyak keluar dari cairan keringat membuat produksi air dalam tubuh berkurang yg membuat ginjal mensekresikan urine dalam jumlah sedikit

Jawabanmu

2014-03-24T15:54:00+07:00
Pada suhu lingkungan tinggi (panas), kelenjar keringat menjadi aktif dan pembuluh kapiler di kulit melebar. Melebarnya pembuluh kapiler akan memudahkan proses pembuangan air dan sisa metabolisme. Aktifnya kelenjar keringat mengakibatkan keluarnya keringat ke permukaan kulit dengan cara penguapan. Penguapan mengakibatkan suhu di permukaan kulit turun sehingga kita tidak merasakan panas lagi. Sebaliknya, saat suhu lingkungan rendah, kelenjar keringat tidak aktif dan pembuluh kapiler di kulit menyempit. Pada keadaan ini darah tidak membuang sisa metabolisme dan air, akibatnya penguapan sangat berkurang, sehingga suhu tubuh tetap dan tubuh tidak mengalami kendinginan. Keluarnya keringat dikontrol oleh hipotalamus :)
2 2 2