Kesultanan Malaka adalah sebuah Kerajaan Melayu yang pernah berdiri di Malaka, Malaysia. Kerajaan ini didirikan oleh Parameswara, kemudian mencapai puncak kejayaan di abad ke 15 dengan menguasai jalur pelayaran Selat Malaka, sebelum ditaklukan oleh Portugal tahun 1511. Kejatuhan Malaka ini menjadi pintu masuknya kolonialisasi Eropa di kawasan Nusantara.
makasih :)
bgi poinya donk
jadikan jawabn terbaIK
jadikan jawaban terbaik

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-24T15:41:16+07:00
Jadikan jawaabn terbaik dong 
ini sudah singkat lohhhhhh

Sebagian sejarawan mencatat bahwa Kerajaan Malaka berdiri pada sekitar tahun 1380-1403. Pendirinya adalah Parameswara, putra dari Raja Sam Agi, Raja Sriwijaya kala itu. Parameswara melarikan diri ke daerah Semenanjung Melayu melewati Selat Melayu (kala itu belum bernama Malaka), karena Kerajaan Sriwijaya mengalami keruntuhan akibat serangan Kerajaan Majapahit.
Ketika ia tiba di semenanjung Malaka itulah Parameswara bertemu dengan penduduk asli yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Berhubung karena Parameswara dan rombongan adalah orang yang lebih pendidikan dan memiliki tingkat kebudayaan yang lebih tinggi, mereka berhasil mengajari penduduk asli berbagai pengetahuan.
Dalam perkembangan selanjutnya, semenanjung Malaka menjadi lebih ramai dan berperan sebagai pusat perdagangan, tempat lewatnya kapal-kapal dagang dari daerah lain.Parameswara dan rombongnanya berhasil mengajari penduduk asli untuk bercocok tanam berbagai tanaman yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Parameswara juga berhasil menemukan tambang yang berupa biji-biji timah. Dari sinilah kemudian berkembang pembuatan peralatan dari timah.Dengan berkembangnya Semenanjung Melayu menjadi Kerajaan Malaka, maka berkembang pula perdagangan yang lebih ramai. Kerajaan ini menjadi pusat perdagangan dari beberapa daerah di pulau Sumatra. Di pulau Sumatera, orang-orang semenanjung Malaka membeli beras dan kebutuhan lain yang tidak ada di Malaka.
6 4 6
2014-03-24T15:42:46+07:00
Kesultanan Malaka berdiri pada tahun 1400 silam, yang diasaskan oleh Parameswara. Sebelum kemunculan Kesultanan Malaka, kerejaan melayu sudah ada masa itu. Kenapa Parameswara bisa sampai di Semanjung Malaysia sementara beliu asli orang pelembang?’’ Begini cerita singkatnya.’pada tahun 1400 silam telah terjadi peperang dahsyat antara kejaraan sriwijaya pelembang dengan kerajaan Majapahit jawa, perlawan banyak mengorbakan jiwa semua tapak kerajaan sriwijaya nyaris dikuasi oleh Majapahit, turut terbunuh pada pristiwa itu Raja sriwajaya yang mempunyai salah seorang Anak bernama Parameswara yang sangat berwibawa dan disegani oleh penduduk kerajaan sriwijaya itu. Pada waktu itu tiada pilihan lain bagi parameswara selain pergi, melarikan diri dan meniggalkan tanah kerajaan sriwijaya untuk menyelamatkan diri dari serangan majapahit yang semakin menjadi-jadi. akhirnya, parameswara dan pengikutnya memutuskan untuk berhijrah ke Temasik yang di kenal sekerang dengan singapura. Disinilah  parameswara sempat mendirikan takhta kerajaanya’’ dia sangat berkuasa,sangat berani sampai dirinya digelar dengan Mjeura. Sehiggalah pada suatu hari tanpa diduga Parameswara membunuh salah seorang wakil raja siam( Thailand)  bernama Tamagi, yang menyebabkan kedudukan parameswara terancam oleh serangan balas( Fighting Back) Raja siam ketika itu. Lagi-lagi tidak ada pilihan lain,Parameswara dan pengikutnya terpaksa mininggalkan singapura untuk menghindar dari serangan Raja siam, mencari perlindungan yang aman ke pantai barat semananjung Malaysia tepatnya di muar(johor) disini beliau tidak lama’’ konon ceritnya tidak tahan dari ganguan biayak yang banyak membuat dia pindah ke Sinig Ujong kemudian beliau menuju sugai bertam merupakan tepi pantai dan pada akhirnya sampai di pulau malaka pada tahun 1400 M. disinilah permulan serajah kesultana Melaka, walaupun sebelumnya malaka telah diduduki oleh perkampunga kecil serta para nelayan tapi tidak memberikan pengaruh yang besara terhadap Malaka.
4 3 4
hmmmmmmmmmmmm kaya nya aku tau ini deh di internet
iya, emng kenapa ? mau ngelaporin terus kamu dapet jawaban terbaik?
enggak aku enggak maksa kok seterah yg nanya mau yg terbaik yg mana