Jawabanmu

2014-03-24T13:31:13+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.apakah bagian pembuka teks eksposisi....
a. tesis
b.argumentasi
c.penegasan ulang
d. awalan

2.di bawah ini yang tidak termasuk teks eksplanasi adalah ...
a.pernyataan umum         d.deretan penjelas
b.deskripsi bagian            c.interpretasi
4 3 4
2014-03-24T14:11:33+07:00
1.      Sampai hari ke-8, bantuan untuk para korban gempa Yogyakarta belum merata. Hal ini terlihat di beberapa wilayah Bantul dan Jetis. Misalnya, di Desa Piyungan. Sampai saat ini, warga Desa Piyungan hanya makan singkong. Mereka mengambilnya dari beberapa kebun warga. Jika ada warga yang makan nasi, itu adalah sisa-sisa beras yang mereka kumpulkan di balik reruntuhan bangunan. Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa bantuan pemerintah kurang merata. Paragraf diatas merupakan kalimat paragraf eksposisi . . . .
A.   
 Proses

B.    
Ilustrasi

C.     Klasifikasi
D.   
Definisi

E.     Laporan
Jawaban A, karena dalam kalimat eksposisi diatas menjelaskan langkah demi langkah suatu kejadian.


2.      Ozone therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen ,urni dan ozon berenergi tinggi ke dalam tubuh melalui darah. Ozone therapy merupakan terapi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit. Paragraf diatas merupakan kalimat paragraf eksposisi . . . . A.    Perbandingan
B.    
Klasifikasi

C.    
Laporan

D.   
Krosalitas

E.    
Definisi

Jawaban E, karena kalimat eksposisi diatas merupakan suatu hal yang dapat dijelaskan uraiannya dengan kata-kata.


3.      Coba anda bayangkan bagaimana hidup seseorang yang tinggal di jalanan dan hidup di bawah jembatan, yang tinggal di tempat yang tidak layak di anggap tempat tinggal. Begitu pilu, jika kita diposisi tersebut. Paragraf diatas merupakan kalimat paragraf eksposisi . . . .
A.    Laporan
B.     Ilustrasi
C.    
Perbandingan

D.   
Definisi

E.     Proses
Jawaban B, karena kalimat eksposisi diatas merupakan kalimat yang menggambarkan sesuatu.

4.      Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawasan dari pihak LSM. Paragraf diatas merupakan kalimat paragraf eksposisi . . . .
A.    Ilustrasi
B.    
Proses

C.     Klasifikasi
D.    Laporan
E.    
Definisi

Jawaban C, karena kalimat eksposisi diatas merupakan pengelompokkan hal-hal yang sejenis atau memiliki kesamaa tertentu.


5.      Bacalah kutipan cerpen berikut ini! Tidak berapa lama kemudian mereka pun meluncur menembus hujan yang begitu deras. Sampai di rumah, Ima langsung mengganti pakaian tanpa terlebih dulu makan siang. Dia langsung menuju belakang rumahnya da menuju sebuah lapangan basket. Diambilnya bola basket yang berada di bawah kursi. Lalu ia lemparkan bola itu hingga menembus keranjang basket. Bukti latar waktu kutipan cerpen tersebut pada kalimat . . . .
A.    Pertama
B.     Kedua
C.     Ketiga
D.   
Keempat

E.     Kelima
Jawaban B, karena pada kalimat kedua terdapat kata “makan siang” yang berarti pada saat itu terjadi saat siang hari.

semoga bisa membantu
4 3 4