Jawabanmu

2014-03-24T16:58:36+07:00
Sejak 13 mei 1998 rakyat meminta agar presiden soeharto mengundurkan diri. Tanggal 14 mei 1998 terjadi kerusuhan di jakarta dan di surakarta. Tanggal 15 mei 1998 presiden soeharto pulang dari mengikuti ktt g-15 di kairo, mesir. Tanggal 18 mei para mahasiswa menduduki gedung mpr/dpr dan pada saat itu ketua dpr/mpr mengeluarkan pernyataan agar presiden soeharto mengundurkan diri. Hal ini jelas berpengaruh terhadap nilai tukar rupiah yang merosot sampai rp15.000 per dollar. Dari realita di atas,akhirnya tanggal 21 mei 1998 presidensoeharto menyerahkan kekuasaan kepada B.j. Habibie, yang membuka peluang suksesi kepemimpinan nasional kepada b.j.habibie. Tujuan reformasi adalah terciptanya kehidupan dalam bidang politik,ekonomi, hukum, dan sosial yang lebih baikdari masa sebelumnya.A. Tujuan reformasi1) reformasi politik bertujuan tercapainya demokratisasi.2) reformasi ekonomi bertujuan meningkatkan tercapainya masyarakat.3) reformasi hukum bertujuan tercapainya keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.4) reformasi sosial bertujuan terwujudkan integrasi bangsa indonesia.

PERKEMBANGAN POLITIK SETELAH 21 MEI 19981. Pengangkatan Habibie Menjadi Presiden Republik IndonesiaSetelah B.J. Habibie dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia pada tanggal 21 Mei 1998. Tugas Habibie menjadi Presiden menggantikan Presiden Soeharto sangatlah berat yaitu berusaha untuk mengatasi krisis ekonomi yang melanda Indonesia sejak pertengahan tahun 1997.Habibie yang manjabat sebagai presiden menghadapi keberadaan Indonesia yang serba parah, baik dari segi ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Langkah-langkah yang dilakukan oleh Habibie adalah berusaha untuk dapat mengatasi krisis ekonomi dan politik. Untuk menjalankan pemerintahan, Presiden Habibie tidak mungkin dapat melaksanakannya sendiri tanpa dibantu oleh menteri-menteri dari kabinetnya.Pada tanggal 22 Mei 1998, Presiden Republik Indonesia yang ketiga B.J. Habibie membentuk kabinet baru yang dinamakan Kabinet Reformasi Pembangunan. Kabinet itu terdiri atas 16 orang menteri, dan para menteri itu diambil dari unsur-unsur militer (ABRI), Golkar, PPP, dan PDI.Dalam bidang ekonomi, pemerintahan Habibie berusaha keras untuk melakukan perbaikan. Ada beberapa hal yang dilakukan oleh pemerintahan Habibie untuk meperbaiki perekonomian Indonesia antaranya :
    Merekapitulasi perbankan    Merekonstruksi perekonomian Indonesia.    Melikuidasi beberapa bank bermasalah.    Manaikan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat hingga di bawah Rp.10.000,-    Mengimplementasikan reformasi ekonomi yang diisyaratkan oleh IMF.

Presiden Habibie sebagai pembuka sejarah perjalanan bangsa pada era reformasi mangupayakan pelaksanaan politik Indonesia dalam kondisi yang transparan serta merencanakan pelaksanaan pemilihan umum yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Pemilihan umum yang akan diselenggarakan di bawah pemerintahan Presiden Habibie merupakan pemilihan umum yang telah bersifat demokratis. Habibie juga membebaskan beberapa narapidana politik yang ditahan pada zaman pemerintahan Soeharto. Kemudian, Presiden Habibie juga mencabut larangan berdirinya serikat-serikat buruh independent.
1 3 1