kalau jarak dua pusat lingkaran 34 cm, jari jari lingkaran A sana dengan 1 1/2 jari jari lingkaran B . Jika panjang garis singgung persekutuan dalam kedua lingkaran tersebut adalah 16 cm , maka panjang jari-jari lingkaran A adalah ?

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-23T23:37:59+07:00
GSD^2=JP^2-(A+b)^2\\
16^2=34^2-( \frac{3}{2} b+b)^2\\
256=1156-( \frac{5}{2}b)^2\\
(\frac{5}{2}b)^2 =1156-256\\
(\frac{5}{2}b)^2 = 900\\
\frac{5}{2}b= \sqrt{900}\\
\frac{5}{2}b=30\\
b=30. \frac{2}{5}\\
b=12\\
\\
A= \frac{3}{2}b= \frac{3}{2}.12=18 cm
mau nanya lagi dapat 5/2 cara nya gi mana ?
3/2b+1b = 5/2b
3/2+1 KAN 5/2
ohhh ya !! Terimakasih atas bantuan nya !!
Sama2... :)
2014-03-23T23:47:59+07:00
Jari-jari A = 3/2. B

d^2 = p^2 - (R+r)^2
16^2 = 34^2 - (3/2 b + b)^2
256 = 1156 - (3/2b + b)^2
(3/2b + b )^2 = 1156 - 256
(3/2b + b)^2 = 900
(3/2b + b) = 30
5/2 b = 30
     b = 30 . 2/5
     b = 12

jadi  A = 3/2 b 
          = 3/2. 12
          =  18 cm
1 4 1