Jawabanmu

2014-03-23T20:22:01+07:00
Politk yang dilakukan negara secara aktif untuk melakukan hubungan luar negeri tanpa memihak suatu negara contoh : menjadi anggota tidak tetap dewan keamanan pbb. mengirim pasukan kontingen garuda menjadi tuan rumah asia afrika maaf kalau salah :)
Jawaban paling cerdas!
2014-03-23T20:25:10+07:00
Politik Bebas Aktif menurut Mochtar Kusumaatmaja:
Bebas : dalam pengertian bahwa Indonesia tidak memihak pada kekuatan-kekuatan yang pada dasarnya tidak sesuai dengan kepribadian bangsa sebagaimana dicerminkan dalam Pancasila.
Aktif : berarti bahwa di dalam menjalankan kebijaksanaan luar negerinya, Indonesia tidak bersifat pasif-reaktif atas kejadiankejadian internasionalnya, melainkan bersifat aktif

simpelnya..
Bebas = Tidak memihak pada Blok Timur maupun Barat. 
Aktif = ikut serta aktif dalam setiap program dan resolusi PBB, diantaranya jika PBB meminta agar kita mengirimkan pasukan perdamaian,maka kita harus bersedia mengirimkan pasukan perdamaian tsb.

3 contoh peranan indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia:
Indonesia telah memberi contoh kepada dunia tentang bagaimana mengelola kemajemukan dan perbedaan yang dibingkai dengan Pancasila dan UUD 1945

- P
residen Indonesia (SBY) dan pimpinan negara lain menggelar jumpa pers meminta Israel dan Palestina melalui PBB segera mengadakan gencatan senjata di Gaza. Gencatan senjata pun disetujui.

Indonesia bergabung di organisasi-organisasi internasional & multilateral (PBB, ASEAN, OPEC)
1 5 1