Golongan pemuda ingin segera sokarnohatta mem proklamasi kan kemerdekaan, memanfaatkan situasi saat itu
yang terjadi sesungguhnya bukanlah penculikan. Para pemuda mengungsikan Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok karena, menurut keterangan Soekarni, tokoh pemuda. rakyat bersama mahasiswa dan anggota Peta akan menyerbu kota, lalu melucuti tentara Jepang. Langkah itu terpaksa ditempuh karena Soekarno-Hatta tidak mau memproklamasikan kemerdekaan pada hari itu juga.
Komentar sudah dihapus
sejak tanggal 15 Agustus 1945 terjadi kekosongan kekuasaan atas wilayah Indonesia.Keadaan seperti ini merupakan peluang yg sangat baik bagi bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya.Oleh karena itu,Para pemuda menculik Ir.Soekarno,Ibu Fatmawati,Guruh soekarnoputra,dan Moh.Hatta.Mereka dibawa ke Rengasdengklok.Penculikan tersebut bertujuan untuk menjauhkan Ir.Soekarno dan Moh.Hatta dari pengaruh jepang dan pemuda mendesak untuk segera memproklamasikan kemerdekaan.
Ya sama-sama kok :)

Jawabanmu

2014-01-14T20:47:14+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Didesak agar mempercepat proklamasi kemerdekaan indonesia oleh sejumlah pemuda yaitu sukarni chaerul saleh dan wikana dari perkumpulan menteng tepatnya dilakukan tanggal 16 agustus 1945 pukul 04.00 wib
77 3 77