perencanaan dan pengendalian pembangunan; perencanaan, pemanfaatan, dan pengawasan tata ruang; penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat; penyediaan sarana dan prasarana umum; penanganan bidang kesehatan;

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-23T17:23:23+07:00
- Berwenang menetapkan dan menggunakan anggaran sesuai dengan PAD masing2 
- Berwenang menetapkan Peraturan Daerah maupun Kebijakan Daerahnya. 
- Berwenang dalam menentukan visi dan misi daerahnya masing2. 
- Berwenang dalam menata dan menjalankan birokrasi pemerintahan daerahnya masing2. 
- Berhak untuk mendapatkan dana APBN dari pusat (sesuai dengan perhitungan dan kontribusi daerah masing2).
- Berhak untuk mengajukan keberatan yang terkait masalah teritorial wilayah. 
- Berhak untuk menerima dan menolak investor yang menguntungkan bagi daerah. 
- dll.
ini hak dan wewenang PEMDA
jadiiiiiiiiiiiiiiikan jawban terbaik dong
sumber guru PPKN
udah kan!
ya udah makasih
2014-03-23T17:23:58+07:00
Urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintahan daerah provinsi merupakan urusan dalam skala provinsi yang meliputi:
a. perencanaan dan pengendalian pembangunan;
b. perencanaan, pemanfaatan, dan pengawasan tata ruang;
c. penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat;
d. penyediaan sarana dan prasarana umum;
e. penanganan bidang kesehatan;
f. penyelenggaraan pendidikan dan alokasi sumber daya manusia potensial;
g. penanggulangan masalah sosial lintas kabupaten/kota;
h. pelayanan bidang ketenagakerjaan lintas kabupaten/kota
i. fasilitasi pengembangan koperasi, usaha kecil, dan menengah termasuk lintas kabupaten/kota;
j. pengendalian lingkungan hidup;
k. pelayanan pertanahan termasuk lintas kabupaten/kota;
l. pelayanan kependudukan, dan catatan sipil;
m. pelayanan administrasi umum pemerintahan;
n. pelayanan administrasi penanaman modal termasuk lintas kabupaten/kota;
o. penyelenggaraan pelayanan dasar lainnya yang belum dapat dilaksanakan oleh
kabupaten/kota; dan
p. urusan wajib lainnya yang diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan.