Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-23T12:43:21+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
ØPanjang focus (f ) :    positif untuk  cermin cembung    negatif untuk cermin cekung
 
ØPerbesaran  (m)    positif untuk bayangan tegak  (sama dengan arah benda)    negatif untuk bayangan terbalik (berlawanan arah benda)
ØJarak Bayangan  (di)
   positif untuk bayangan  nyata (bayangan berada pada posisi berlawanan dengan bendanya)    negatif untuk bayangan maya (bayangan berada pada posisi yang sama  dengan bendanya)
ØJarak Benda (do)
   positif untuk benda nyata    negatif untuk benda maya

cara menentukannya :

Lensa Cembung :
Untuk mengetahui sifat bayangan pada lensa cembung :
Gunakan rumus berikut : R. Benda + R. Bayangan = 5
misal : jika benda berada di ruang benda II 
gunakan rumus : 
R.Benda + R.Bayangan = 5
II           + (R. Bayangan) = 5
maka bayangannya pasti diruang bayangan (III). karena II + (III) = 5

*) Jika R. Benda ≥ R. Bayangan maka sifat bayangannya DIPERKECIL
misal : jika benda di ruang benda III, maka bayangan di ruang bayangan (II) dan bayangannya pasti       diperkecil, karena III >= (II)
*) Jika R. Benda ≤ R. bayangan maka sifat bayangannya DIPERBESAR
*) Jika bayangan di depan lensa maka bayangannya MAYA dan TEGAK.
*) Jika bayangan di belakang lensa maka bayangannya NYATA dan TERBALIK.

catatan : Bayangan yang MAYA pasti TEGAK. dan yang NYATA pasti TERBALIK

terima kasih :)

6 4 6
terima kasih :)
mbak kalau ruangnya tidak diketahui gimana ?
letak benda pada suatu ruangan pasti 5.. itu sih yg saya tahu
eh letak benda dan banyangan benda maksudnya
ruang benda itu sudah ketentuan atau bagaimana?
2014-03-23T12:47:41+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Maya/Nyata??
cara menentukan:
CARA 1  :Jika dalam perhitungan jarak(pake rumus) bayangan hasilnya                                               negatif,maka bayangan bersifat "MAYA/SEMU"dan jika hasilnya                                         positif,maka bayangannya bersifat "NYATA"
CARA 2  :Jika bayangan di depan lensa maka bayangannya MAYA dan TEGAK.
              Jika bayangan di belakang lensa maka bayangannya NYATA dan TERBALIK
Ruang berapa??
cara menentukan:Gunakan rumus R.Benda+R.Bayangan=5
                          mis:benda diruang 3 berarti bayangan ada diruang 2 krn 2+3=5

Diperbesar ato diperkecil??
cara menentukan:Jika R.Benda ≥ R. Bayangan maka sifat bayangannya DIPERKECIL
                          Jika R.Benda ≤ R. bayangan maka sifat bayangannya DIPERBESAR
                          mis:jika benda diruang III maka bayangannya so pasti di ruang II,jadi                                   bayangannya diperkecil.kenapa?karena III>II

4 5 4