Jawabanmu

2014-03-23T07:13:12+07:00
Itu tergantung air apa yang kita pakai untuk melarutkan sabun tersebut. Jika kita memakai air sadah otomatis sabun tersebut sulit berbuih (gelembung) walaupun berbuih buihnya pun sedikit,

untuk mengetahui jenis kesadahan airĀ  bisa dilakukan pemanasan pada air tersebut. setelah air dipanaskan larutkan sabun pada air tersebut jika tidak ada gelembung maka kesadahan air tersebut bersifat tetap.
3 1 3
2014-03-23T11:27:40+07:00
Kesadahan berasal dari kata sadah yang berarti mengandung kapur, jadi kalau kesadahan air adalah adanya kandungan kapur yang berlebih pada air yang disebabkan oleh lapisan tanah kapur yang dilaluinya. Jenis sumber air yang yang banya mengandung sadah air tanah khususnya air tanah dalam. Air sadah dapat menyebabkan sabun sukar berbuih, hal ini diakibatkan oleh kandungan natrium stearat (C17H35COONa) dalam sabun yang beraksi dengan ion-ion Mg2+ dan Ca2+ yang memebenuk busa buih yang mengendap,
Mg2+ (aq) + 2 C17H35COO- (aq) Mg(C17H35COO)2 (aq)
Ca2+ (aq) + 2 C17H35COO- (aq) Ca(C17H35COO)2 (aq)
Karena sabun diendapkan, maka busa sabun baru akan terbentuk bila semua ion-ion magnesium dan kalsium telah terendapkan. Ini berarti untuk mencuci diperlukan sabun dengan jumlah yang banyak. Air sadah seperti ini mengakibatkan:
1. Sabun sukar berbusa, sehingga konsumsi sabun lebih tinggi untuk keperluan mandi ataupun mencuci,
2. Tidak enak diminum (ditelan terasa kasar pada tenggorokan),
3. Terbentuknya kerak pada katel (panci) pada waktu air tersebut dimasak, akibatnya peralatannya menjadi lebih tebal dan penggunaan energi untuk pemanasan air menjadi lebih banyak.
4. Pada industri yang menggunakan pipa-pipa untuk menyalurkan air, air sadah dapat menimbulkan penyumbatan pada saluran pipa.
5. Air sadah yang mengandung ion kalsium (Ca) jika dikonsumsi bersama asam oksalat yang banyak terdapat pada sayur bayam atau buah nanas akan dapat membentuk senyawa kompleks Ca-oksalat yang mengendap pada saluran kencing atau disebut batu ginjal.
Kesadahan air disebabkan oleh ion-ion magnesium dan kalsium. Kesadahan tidaklah menguntungkan karena menurunkan tegangan permukaan air. Air yang dianggap bermutu tinggi mempunyai kesadahan yang rendah. Kalsium atau magnesium dapat bereaksi dalam air sadah dengan sabun sehingga sabun tidak memberi busa.
1 5 1