Jawabanmu

2014-03-22T21:25:36+07:00
Tegangan permukaan : Pada dasarnya tegangan permukaan suatu zat cair dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya suhu dan zat terlarut. Dimana keberadaan zat terlarut dalam suatu cairan akan mempengaruhi besarnya tegangan permukaan terutama molekul zat yang berada pada permukaan cairan berbentuk lapisan monomolecular yang disebut dngan molekul surfaktan
kapilaritas : tegangan permukaan dan tegangan hidrostatika.
meniskus :
Meniskus cembung terjadi jika kohesi lebih besar daripada adhesi (kohesi > adhesi). Sedangkan meniskus cekung terjadi jika adhesi lebih besar daripada kohesi (adhesi > kohesi).
jadiin yg terbaik yah


1 2 1
Jawaban paling cerdas!
2014-03-22T21:32:19+07:00
Tegangan permukaan dipengaruhi oleh gayanya yang mencakup massa jenis fluida, gravitasi, dan volume; ditambah juga dengan panjang dari penampang. Rumusnya adalah:

γ = F / 2l

γ = tegangan permukaan
F = gaya
l = panjang dari penampang

Meniskus dipengaruhi oleh gaya adhesi dan kohesi. Gaya kohesi adalah gaya antar partikel yang sama, sedangkan gaya adhesi adalah gaya dari partikel yang berbeda. Meniskus (cembung) terjadi apabila kohesi > adhesi.

Kapilaritas dipengaruhi oleh tegangan permukaan, massa jenis fluida, gravitasi, volume, besarnya sudut kontak, dan jari jari dari pipa kapiker. Rumus dari kapilaritas adalah:

y = 2 γ cosθ / ρ g r

γ = tegangan permukaan
θ = sudut kontak
ρ = massa jenis
g = gaya gravitasi
r = jari jari pipa kapiler


Semoga membantu :)