Jawabanmu

2014-03-22T20:10:53+07:00
Kulit adalah organ tubuh paling luar yang melindungi organ di dalamnya
dari berbagai gangguan, seperti gesekan, penyinaran, kuman, panas, dan
zat kimia, dan lain-lain. kulit mengandung kelenjar keringat yang mengeluarkan
5-10% dari seluruh sisa metabolisme. oleh karena itu kulit berfungsi sebagai
alat ekskresi dan karena cairan yang dikeluarkan ialah keringat, kulit juga
berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh.
17 3 17
bisa lebih diperjelas berfungsi sebagai pengatur suhu tubuhnya bagaimana?
karena keringat dikeluarkan untuk mengatur suhu tubuh..
keringat normalnya dihasilkan ketika suhu lingkungan luar lebih tinggi daripada suhu tubuh sehingga tubuh merasa kepanasan. kelenjar keringat terdorong untuk melebar (agar suhu tubuh lebih rendah lagi sehingga tubuh tidak kepanasan) ketika rambut-rambut kulit mendatar (posisi tidka tegak) sehingga keringat keluar.
contoh pada saat suhu lingkungan panas, suhu tubuh akan naik, hal ini mengakibatkan pembuluh darah menjadi melebar, dan oleh karena itu aliran darah bertambah. karena kelenjar keringat berhubungan dengan pembuluh darah maka air, garama dan sedikit urea akan diserap oleh kelenjar keringat,. larutan tersebut akn keluar melalui pori-pori kulit. larutan / keringat tadi juga membawa panas tubuh, sehingga suhu tubuh kembali menurun...
Jawaban paling cerdas!
2014-03-22T20:23:32+07:00
Jadi kalau suhu terlampau tinggi dari suhu normal maka tubuh perlu mendinginkan tubuh. oleh karena itu kulit mempunyai pori pori untuk menguapkan udara panas beserta racun sehingga suhu menjadi stabil.oleh karena itu kulit sebagai pengatur suhu tubuh
semoga membantu,klik jawaban terbaik yaa
37 3 37