Matematika ~

Harga suatu kendaraan bermotor roda dua menyusut setiap tahunnya sebesar 10% dari harga pada permulaan tahun. Jika kendaraan tersebut Rp 10.000.000,00. Taksirlah harganya setelah 4tahun pemakaian..

2
10% dari Rp10.000.000 adalah 1.000.000
jika setelah dipakai 4 tahun = 1.000.000 X 4 Tahun = 4.000.000... jadi, harga mobil tersebut adalah Rp6.000.000
ya enggalah -__-
kan tiap tahun berubah...
tahun pertama jadi 9.000.000
tahun kedua 9.000.000 - 9.000.000x10% = 8.100.000
ke - 3 8.100.000 - 8.100.000x10% = 7.290.000
ke - 4 7.290.000 - 7.290.000x10% = 6.561.000
sama kan dengan rumus saya tadi :) mohon bintangnya ya ...
yuzararigi : tolong tulis jawabannya d'jawaban,jangan dikomentar. terimakasih :)

Jawabanmu

2014-03-22T19:42:41+07:00
10% x 4tahun = 40% x Rp 10.000.000
40/100 x Rp.10.000.000 = 4000.000

-maaf kalau salah & ga ngerti

Jawaban paling cerdas!
2014-03-22T19:59:36+07:00
A = 10.000.000
1 tahun = (a- a x 10%) = a(1 - 10%)
2 tahun = (a(1 - 10%) - a(1 - x 10%)x10%) = a(1 - 10%) - a(10% - 10%10%)
            = a( 1 - 2.10% + 10%10%)
3 tahun = a( 1 - 2.10% + 10%10%) - a( 1 - 2.10% + 10%10%)x10%
            = a(1 - 3.10% + 3.10%.10% - 10%10%10%)
4 tahun = a(1 - 3.10% + 3.10%.10% - 10%10%10%) - a(1 - 3.10% + 3.10%.10% - 10%10%10%)10% = a( 1 - 4.10% + 6.10%10% - 4.10%10%10% + 10%10%10%10%)

bisa kita lihat hasilnya seperti bilangan pascal dari tahun ke tahun
                       1
                  1   2  1
               1    3  3   1
             1   4   6   4  1
4 thn = a( 1 - 4.10% + 6.10%10% - 4.10%10%10% + 10%10%10%10%)
          10.000.000( 1 - 4.10% + 6.10%10% - 4.10%10%10% + 10%10%10%10%)
= 10.000.000 - 4.000.000 + 600.000 - 40.000 + 1.000
=Rp.  6.561.000 

silahkan pahami rumus di atas.. maka kamu akan menemukan rumus cepatnya tanpa harus menghitung 1 per 1 :)
sengaja dari dasar dulu meskipun panjang tapi kalo udah ngerti gampang ko :)
1 5 1