Jawabanmu

2014-03-22T16:43:12+07:00
Nuklir merupakan sumber energi yang sangat besar, namun memberikan risiko yang sangat tinggi apabila terjadi kebocaoran pada reaktornya. Energi ini sebenarnya berasal dari reaksi fisi (pembelahan) maupun reaksi fusi (penggabungan) inti-inti atom. Pembangkit listrik yang menggunakan sumber energi ini adalah PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir). Prinsip kerja PLTN khususnya pada reaktor air-tekan adalah bahan bakar reaktor yang berbentuk uranium oksida (energi nuklir) berada dalam tabung yang panjang dan sempit yang dirakit dengan batang kontrol yang dapat digerakkan kedalam teras yang terletak dalam tabung baja tahan tekan. Air yang mengalir melewati teras dipertahankan bertekanan tinggi untuk mencegah pendidihan. Air melalui penukar kalor yang menghasilkan uap (energi kalor) yang dapat memutar turbin (energi kientik) untuk menggerakkan generator yang menghasilkan energi listrik. Jadi, dalam PLTN terjadi perubahan energi utama yaitu:
Energi Nuklir –> Energi Kalor –> Energi Kinetik –> Energi Listrik

2014-03-22T16:46:47+07:00
Perubahan energi yang terjadi pada PLTN adalah energi nuklir menjadi energi listrik dengan pengubah generator

PLTN• PLTN adalah sebuah pembangkit daya thermal yang menggunakan satu atau beberapa reaktor nuklir sebagai sumber panasnya.• Prinsip kerja sebuah PLTN = PLTU, dimana menggunakan uap bertekanan tinggi untuk memutar turbin.
Nuklir (Nuclear) sebenarnya merujuk kepada Nucleus, yaitu sebuah inti atom. Di dalam reaktor nuklir, inti atom dibelah lebih kecil (fisi).• Dihasilkan 1. Energi panas mendidihkan air Uap menggerakkan turbin listrik