Jawabanmu

2014-03-22T14:22:39+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
A. Pembelian       Transaksi pembelian dapat dilakukan secara kredit atau tunai dan bisa juga sebagian tunai dan sisanya kredit. Transaksi pembelian barang dagang yang ditujukan untuk dijual kembali akan dicatat pada akun pembelian. Sedangkan pembelian barang yang digunakan untuk keperluan pribadi dan tidak dijual kembali akan dicatat pada akun tersendiri.
b. Beban angkut pembelian
      Beban angkut pembelian terjadi karena pembeli menanggung biaya pengiriman barang dari toko sampai ke gudang pembeli. Bukti pembelian yang berupa faktur.
c. Retur pembelian dan pengurangan harga
      Retur pembelian terjadi ketika pembeli mengembalikan barang yang telah dibelinya karena rusak atau tidak sesuai pesanan. Apabila pembelian dilakukan secara tunai, maka penjual akan mengembalikan uangnya kepada pembeli. Sebaliknya bila pembelian dilakukan secara kredit, maka pembeli akan membuat nota debit sebagai bukti pengurangan utangnya.
d. Potongan pembelian
      Potongan pembelian diberikan oleh penjual dengan tujuan agar pembeli dapat melunasi utangnya sebelum jatuh tempo dalam jangka waktu potongan pembelian. Bukti transaksi yang digunakan berupa kuitansi atau bukti pengeluaran kas.
e. Penjualan
      Transaksi penjualan dapat dilakukan secara kredit atau tunai dan bisa juga sebagian tunai dan sisanya kredit. Akun penjualan hanya digunakan untuk mencatat penjualan barang dagang. Apabila perusahaan dagang menjual peralatan kantor, maka yang di kredit adalah akun peralatan kantor. Bukti transaksi yang digunakan berupa faktur atau bukti penerimaan kas.
f. Retur penjualan dan pengurangan harga
      Retur penjualan terjadi ketika pembeli mengembalikan barang yang sudah dibeli kepada penjual karena rusak atau tidak sesuai pesanan. Bagi penjual, pengembalian barang tersebut akan mengurangi piutangnya, shingga penjual akan mengeluarkan nota kredit untuk mengurangi piutangnya.
g. Potongan penjualan
      Potongan penjualan dimaksudkan agar pembeli segera melunasi utangnya sebelum tanggal jatuh tempo pelunasan. Potongan penjualan ini akan diberikan kepada pembeli jika membayar piutang dalam jangka waktu potongan tunai. Bukti transaksi yang digunakan berupa kuitansi atau bukti kasa masuk.
h. Beban angkut penjualan
      Beban angkut penjualan terjadi karena penjual menanggung biaya pengiriman barang sampai digudang pembeli. Dalam akuntansi dikenal dengan istilah FOB Destination Point, artinya bahwa penyerahan barang dilakukan digudang pembeli.
i. Persediaan barang dagang
      Persediaan barang dagang adalah jumlah persediaan barang yang terdapat pada akhir periode. Bukti yang digunakan berupa bukti memorial. 

4 2 4
2014-03-22T14:24:33+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. Pembelian Barang dagangan (Purchases)
2. Pengembalian Barang dagangan yang dibeli retur pembelian dan pengurangan harga ( Purchases return and allowances)
3. Pembayaran biaya angkutan barang yang dibeli (Freight in)
4. Potongan pembelian (Purchases Discount)
5. Penjualan Barang Dagangan (Sales)
6. Penerimaan kembali barang dagangan yang dijual retur pembelian dan pengurangan harga (Sales return and allowances)
7. Pembayaran beban angkut barang yang dijual (Freight out)
8. Potongan Penjualan (Sales Discount)

GOOD LUCK jadiin yg terbaik please
4 3 4