Jawabanmu

2014-03-22T14:10:22+07:00
Bank Indonesia mempunyai peranan penting dalam sistem pembayaran. Ada beberapa pihak yang terlibat di dalam sistem pembayaran yaitu pihak yang menyelenggarakan sistem pembayaran, pihak yang mendukung sistem pembayaran, pihak yang memberikan jasa dalam sistem pembayaran, dan pihak yang mengatur serta mengawasi sistem pembayaran.Peranan Bank Indonesia dalam sistem pembayaran sangat luas, karena sebagai operator, regulator, dan sekaligus sebagai pengawas. Hubungan bank sentral dengan sistem pembayaran setiap Negara memiliki kadar yang berbeda, ada yang memiliki keterlibatan tinggi (Indonesia), dan ada yang sedikit (Hongkong).
Jawaban paling cerdas!
2014-03-22T14:12:26+07:00
Tujuan BI : Menjaga stabilitas nilai tukar rupiah

Peranan :
- lembaga yang mengatur dan menjaga kelancaran SPN
- penyelenggara sistem kliring antarbank untuk jenis alat-alat pembayaran tertentu
- satu-satunya lembaga yang berhak mengeluarkan dan mengedarkan alat pembayaran tunai seperti uang rupiah.

GOOD LUCK
2 4 2