Jawabanmu

2014-03-22T13:07:03+07:00
Frekuensi = Jumlah getaran/detik
Frekuensi=1200/60
Frekuensi=20

Periode=detik/jumlah getaran
Periode=60/1200
Periode=1/20

Maaf kalau salah kalau bagus jadikan terbaik ya

makasih ka, kalo yang itu cara penyelesaian nya gimana???
makasih ka, kalo yang itu cara penyelesaian nya gimana???
makasih ka, kalo yang itu cara penyelesaian nya gimana???
gk tau soal SMA kk aku masih SMP
kk teken bintang 5 dong dijawabanku please
Jawaban paling cerdas!
2014-03-22T13:29:56+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Sebuah CD room berputar dengan kelajuan konstan 1200 rpm, berapa frekuensi dan periode nya?

Pembahasan
Dik v = 1200 rpm
Dit f dan T
jawab.

1 rpm = 
 \frac{2 \pi }{60} rad/s
1200 rpm =  \frac{1200 . 2 \pi }{60} = 40\pi  rad/s

v = 40 π rad/s

v = λ . f atau v = λ / T

Sedangkan 1 rad/s =  \frac{1}{2 \pi } Hz

jadi frekuensinya 
f =  \frac{40 \pi }{2 \pi } = 20 Hz

Untuk periodenya
T =  \frac{1}{f} =  \frac{1}{20} sekon

yang ini juga yah : sebuah benda bermasa 200 gram diikat dengan tali kemudian berputar secara horizontal dengan kecepatan sudut tetep sebesar 5 rad, jika panjang tali 50 cm maka besar gaya sentripetal adalah

Pembahasan
Dik m = 200 gr = 0,2 kg
      ω = 5 rad
      r = 50 cm = 0,5 m
Dit Fs . . . ?
jawab.
Fs = m.ω^2.R
     = 0,2 . 5^2 . 0,5
     = 2,5 N

Sebuah roda yang berdiameter 15 cm berputar 240 putaran setiap 5 menit. Kecepatan tinggi suatu titik terletak di pinggir roda adalah..

pembahasan
Dik d = 15 cm    r = 7,5 cm = 0,075 m
      ω = 240 . 5 rpm = 1200 rpm = 2π / 1200 = 0,00524 rad/s
Dit v . . . ?
jawab.

v = ω / 2π
  = 0,00524 / 2π
  = 0,00083 m/s
  = 8,3 x 10^-4 m/s

atau 
v = ω . r
  =  0,00524 . 0,075
  = 0,00039 m/s
  
Semoga membantu :) D

makasih yah, kallo yang ini gmna penyelesaiannya: Sebuah roda yang berdiameter 15 cm berputar 240 putaran setiap 5 menit. Kecepatan tinggi suatu titik terletak di pinggir roda adalah..
yang ini juga yah : sebuah benda bermasa 200 gram diikat dengan tali kemudian berputar secara horizontal dengan kecepatan sudut tetep sebesar 5 rad, jika panjang tali 50 cm maka besar gaya sentripetal adalah
Makasih ya