Tuliskan ide pokok setiap paragraf
(1) Aku melihatnya. (2) Aku melihat perempuan yang pernah kau ceritakan. (3) Sepulang sekolah tadi, didekat taman, aku melihat sepasang kupu-kupu berputar saling melingkar. (4) Tapi mereka tak seperti kupu-kupu dalam ceritamu, ayah. (5) Mereka lebih cantik. (6) Yang satu berwarna hitam dengan bintik biru bercahaya seperti mutiara. (6) Yang lain bersayap putih jernih, sebening sepatu kaca Cinderella, dengan serat tipis kehijauan melintang di tepi sayapnya.
(7) Aku takjub. (8) Aku mengejarnya. (9) Kupu-kupu itu masuk ke dalam taman, dan aku terus saja mengikutinya. (10) Dan ternyata kedua kupu-kupu itu menghampiri seorang perempuan yang duduk di bangku yang agak terpisah dari bangku-bangku taman lainnya. (11) Kupu-kupu itu asyik berputar putar di atas kepala perempuan itu.
(12) Aku tersadar. (13) itu perempuan yang ayah ceritakan. (14) Sebelum aku sempat membalikkan badan untuk meninggalkan taman itu, ia berbicara padaku. (15) Aku tak menyangka. (16) Tidak, ayah. (17) ia tidak bisu seperti yang kau bilang. (18) Dan katamu ia seorang yang menyeramkan, hingga aku membayangkan perempuan itu sebagai nenek penyihir. (19) Ayah, perempuan itu sangat cantik. (20) Sama cantiknya dengan kedua kupu-kupu itu.

2
1.Tema merupakan suatu gagasan pokok atau ide pikiran tentang suatu hal
2.Ciri ciri tema_Tema menarik perhatian penulis_Tema dikenal dengan baik_Bahan bahannya dapat diperoleh_Tema dibatasi ruang lingkupnya
3.Cara mencari tema- membaca dari awal sampai tuntas
- menyimpulkan cerita pada cerpen
- menentukan inti cerita pada cerpen

4.amanat atau pesan pengarang yang hendak disampaikan pengarang melalui dramanya harus dicari oleh pembaca atau penonton.

Jawabanmu

2014-03-22T12:35:52+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Ide poko di setiap paragraf

paragraf1=
(3) Sepulang sekolah tadi, didekat taman, aku melihat sepasang kupu-kupu berputar saling melingkar. 

PARAGRAF2=
(10) Dan ternyata kedua kupu-kupu itu menghampiri seorang perempuan yang duduk di bangku yang agak terpisah dari bangku-bangku taman lainnya. (11) Kupu-kupu itu asyik berputar putar di atas kepala perempuan itu.
paragraf 3=
 (19) Ayah, perempuan itu sangat cantik.


semoga membantu :)



Ide pokoknya masak kyak gitu,,??
yang saya tau begitu ,maaf jika tak sesuai :)
Yaudah gpp
2014-03-22T14:56:27+07:00
PARAGRAF 1 : NING,MELIHAT SEPASANG KUPU-KUPU DI TAMAN
PARAGRAG 2 : NING,TAKJUB MELIHAT KUPU-KUPU LALU MENGEJARNYA
PARAGRAF 3 :SEORANG YANG IA TEMUAI TERNYATA ADALAH PEREMPUAN YANG MENYERAMKAN
PARAGRA4 : PEREMPUAN ITU SANGAT CANTIK DAN BAIK DENGAN NIG