Jawabanmu

2014-03-21T22:05:51+07:00
Peran gajah mada, mempersatukan nusantara, meredakan pemberontakan kuti, dengan sumpah palapanya ia berhasil menyatukan nusantara bahkan saat itu nusantara lebih besar dari pada nusantara yg kita tau sekarang itu yg saya tau semoga berguna:)
Gajahmada seorang ahli hukum, dia menyusun Kitab Kutara Manawa, yang berisi tentang tata pemerintahan dan perang untuk kerajaan majapahit
2014-03-21T22:08:43+07:00
Peranan Penting Gajah Mada dalam Kerajaan Majapahit
Gajah Mada adalah patih mangkubumi (mahapatih) Kerajaan Majapahit. Namanya mulai terkenal setelah ia memadamkan pemberontakan Kuti. Gajah Mada muncul sebagai seorang pemuka kerajaan sejak masa pemerintahan Jayanegara (1308 - 1328). Kariernya dimulai sebagai pengawal raja (bahanyangkari). Mula - mula, beliau menjadi Bekel Bahanyangkari (setingkat dengan komandan pasukan). Kariernya terus menanjak pada masa kerajaan Majapahit dilanda beberapa pemberontakan, seperti pemberontakan Rangga Lawe (1309), Lembu Sura (1311), Nambi (1316), dan Kuti (1319).


Pada tahun 1328, raja Jayanegara wafat. Beliau digantikan oleh Tribhuanatunggadewi. Sadeng melakukan pemberontakan. Pemberontakan Sadeng dapat ditumpas oleh pasukan Gajah Mada. Atas jasanya, Gajah Mada diangkat menjadi Mahapatih Majapahit pada tahun 1334. Pada upacara pengangkatannya, beliau bersumpah untuk menaklukan seluruh Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit. Sumpah itu dikenal dengan Sumpah Palapa.

Gajah Mada tetap menjadi Patih mangkubumi ketika Hayam Wuruk naik tahta. Beliau mendampingi Hayam Wuruk menjalankan pemerintahan. Pada amasa inilah Majapahit mengalami masa kejayaan. Wilayah Majapahit meliputi hampir seluruh Jawa, sebagian besar Pulau Sumatra,  Semenanjung Malaya, Kalimantan, dan Indonesia bagian timur hingga Papua.
2 5 2