Jawabanmu

2014-03-21T17:35:38+07:00
Persamaannya:
1. Pusat kebudayaan tertua selalu saja berada di sekitar aliran sungai yang subur serta mempunyai corak kehidupan agraris dengan jumlah penduduk yang padat.
2. Adanya sistem feodalisme, di mana tuan-tuan tanah dan bangsawan yang memiliki kekuasaan besar terhadap wilayahnya.
3. Terdapatnya peninggalan-peninggalan bangunan besar/megah/monumental untuk pemujaan dan kediaman raja.
4. Memiliki kepercayaan yang bercorak polytheisme.
5. Kepercayaan polytheisme ini lebih lanjut bermanfaat bagi para raja atau bangsawan sebagai pelegitimasi (pembenaran) kekuasaannya.
perbedaan:
1. Perbedaan bangsa pada masing-masing peradaban, corak kebudayaan, dan kondisi alam membedakan bentuk peradaban dan kebudayaan yang dihasilkan.
2. Waktu berlangsungnya masing-masing peradaban tidak bersamaan.
3. Peradaban di Asia cenderung berawal dari kota-kota, sedangkan peradaban di Afrika (Mesir) berawal dari organisasi pertanian.
4. Penyebaran hasil kebudayaan masing-masing memiliki daerah yang berbeda. Meskipun terbuka kemungkinan adanya hubungan antara dua peradaban tertentu, seperti Mesopotamia dengan Indus.
5. Hasil kebudayaan berbeda, misalnya Mesir menghasilkan kebudayaan batu dan arsitektur bangunan batu, sedangkan Mesopotamia menghasilkan perkakas dan senjata dari logam dan besi.
6. Peradaban di Afrika, seperti Mesir, lebih terbuka terhadap corak Asia, sedangkan dalam peradaban Asia tidak terdeteksi corak Afrika.