Uji kompetensi Bab VI

1.Jelaskan arti penting daerah bagi NKRI?
2.Jelaskan peraturan perundangan-undangan yang mengatur otonomi daerah?
3.Jelaskan hak dan kewajiban daerah dalam pelaksanaan pemerintahan daerah?
4.Jelaskan bentuk partisipasi daerah dalam memperkuat NKRI?
5.Jelaskan apa yang terjadi apabila pelaksanaan pemerintahan daerah tidak didukung oleh masyarakat di daerah?...



Tolong dijawab dengan benar plissss kumohon...

Siapa yg mnjwab ni dya kudoakan dapat pahala yg banyak aminn....

2
1. Karena daerah merupakan unsur terbentuknya suatu negara

Jawabanmu

2014-03-21T14:42:07+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. Arti pentingnya daerah NKRI itu,Daerah merupakan unsur  terbentuknya negara. Negara Kesatuan Republik Indonesia ini tidak akan berdiri kokoh dan lestari apabila daerah tidak mendukung tetap tegaknya Republik Indonesia. Sebaliknya, apabila daerah mendukung negara kesatuan republik Indonesia maka dengan sendirinya negara kesatuan republik Indonesia akan berdiri kokoh sepanjang masa dan bangsa Indonesia dapat menikmati kemakmuran dan kejayaannya.
2. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal Pasal 1 ayat (1), Pasal 18, 18 A dan 18 B dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
3. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 mengatur tentang berbagai hak yang dimiliki oleh pemerintah daerah yaitu.... a. mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan, b. memilih pimpinan daerah, c. mengelola aparatur daerah, d. mengelola kekayaan daerah,
Pemerintah daerah juga memiliki kewajiban... yaitu: a. melindungi masyarakat, menjaga persatuan dan kesatuan dan kerukunan nasional serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, b. meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, c. mengembangkan kehidupan demokrasi, d. mewujudkan keadilan dan pemerataan, e. meningkatkan pelayanan dasar pendidikan
4. Bentuk partisipasi daerah dalam memperkuat NKRI di antaranya dengan tetap berkomitmen menjadi bagian yang tak terpisahkan dari bangsa Indonesia dan mendukung pembangunan nasional.
5.Jalannya pemerintahan dan pembangunan nasional akan tersendat karena sebagian besar masyarakat Indonesia berada di daerah. Hal tersebut dapat menimbulkan kekacauan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

semoga membantu,maaf ya kalau kurang lengkap,tapi ini semoga betul...


2014-03-21T15:26:18+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Jadikan yg terbaik dongg aku udah di bahas di sekolah betul semuua kok

1.  negara kesatuan republik indonesia tidak akan berdiri kokoh dan lestari apabila daerah tidak mendukung tetap tegaknya republik indonesia. sebaliknya, apabila daerah mendukung negara kesatuan republik indonesia, maka negara kesatuan republik indonesia akan berdiri kokoh sepanjang masa dan dapat menikmati kemakmuran dan kejayaannya.
2,  peraturan perundang-undangan yang mengatur otoni daerah adalah UU no. 32 tahun 2004 yaitu untuk menyelenggarakan otonomi , pemerintah pusat menyerahkan sejumlah urusan kepada daerah provinsi maupun daerah kabupaten / kota.
3.  hak : 1. mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan
             2. memilih pimpinan daerah 
             3. mengelola aparatur daerah
             4. mengelola kekayaan daerah
             5. memungut pajak daerah dan retribusi daerah
             6. mendapatkan bagi hasil dari pengelolaan sumber daya alam dan sumber                         daya lainnya yang ada di daerah
             7. mendapatkan sumber-sumber pendapatan lain yang sah, dan
             8. mendapatkan hak lainnya yang diatur dalam peraturan perundang-                            undangan.
kewajiban : 1. melindungi masyarakat, menjaga persatuan dan kesatuan , kerukunan                       nasional serta keutuhan negara kesatuan republik indonesia
                 2. meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat
                 3.  menngembangkan kehidupan demokrasi
                 4. mewujudkan keadilan dan pemerataan
                 5. meningkatkan pelayanan dasar pendidikan
                 6. menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan
                 7. menyediakan fasilitas sosial dan fasilitas pelayanan umum yang layak
                 8. mengembangkan sistem jaminan sosial, dll.
4.  melaksanakan pembangunan di segala bidang
5.  pembanguan daerah tidak dapat berjalan dengan lancar.
1 5 1