Jawabanmu

2014-03-21T09:45:11+07:00
Pengertian Bunyi, Rima dan Irama pada Puisi  Dalam puisi bunyi bersifat estetik, merupakan unsur puisi untuk mendapatkan keindahan dan tenaga ekspresif. Bunyi ini erat hubungannya dengan anasir-anasir musik, misalnya : lagu, melodi, irama, dan sebagainya. Bunyi di samping hiasan dalam puisi, juga mempunyai tugas yang lebih penting lagi, yaitu untuk memperdalam ucapan, menimbulkan rasa, dan menimbulkan bayangan angan yang jelas ; menimbulkan suasana yang khusus dan sebagainya. Dari sini dapat dipahami bahwa rima adalah salah satu unsur pembentuk irama, namun irama tidak hanya dibentuk oleh rima. Baik rima maupun irama inilah yang menciptakan efek musikalisasi pada puisi, yang membuat puisi menjadi indah dan enak didengar meskipun tanpa dilagukan.
Jawaban paling cerdas!
2014-03-21T10:02:34+07:00
Menurut saya,
fungsi rima adalah bersifat estetik / keindahan dari puisi tersebut.  dengan adanya rima maka puisi tersebut akan lebih menarik dan indah jika diperdengarkan.

fungsi majas adalah sebagai pennggantian dari beberapa kalimat agar menjadi lebih indah dari unsur estetik. dengan adanya majas ini orang yang mendengarkan puisi tersebut akan lebih bisa menghayati dan menjiwai isi puisi dalam bentuk keindahan.

dengan adanya unsur estetik seperti rima dan majas , puisi yang ada akan lebih menarik dan indah :)

3 5 3