Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-21T09:28:45+07:00
Kekuatan ikatan hidrogen ini dipengaruhi oleh perbedaan elektronegativitas antara atom-atom dalam molekul tersebut.
Semakin besar perbedaannya, semakin besar ikatan hidrogen yang terbentuk.Ikatan hidrogen memengaruhi titik didih suatu senyawa. Semakin besar ikatan hidrogennya, semakin tinggi titik didihnya. Namun, khusus pada air (H2O), terjadi dua ikatan hidrogen pada tiap molekulnya. Akibatnya jumlah total ikatan hidrogennya lebih besar daripada asam florida (HF) yang seharusnya memiliki ikatan hidrogen terbesar (karena paling tinggi perbedaan elektronegativitasnya) sehingga titik didih air lebih tinggi daripada asam florida.



semoga membantu :)

1 5 1
2014-03-21T12:16:37+07:00
H₂O NH₃ dan HF adalah ikatan hidrogen,
ikatan hidrogen adalah gaya yang disebabkan oleh ikatan antar hidrogen dengan unsur yang mempunyai elektronegativitas paling tinggi.
dari tabel periodik, unsur yang mempunyai elektronegativitas tinggi ialah unsur paling atas dan di pojok kanan berarti : N, F, dan O. gas mulia bukan lah unsur yang memiliki elektronegativitas tinggi, karena elektronegativitas adalah kekuatan sebuah atom untuk menarik elektron. karena gas mulia sudah sempurna (sudah memenuhi aturan oktet) maka dia tidak perlu menarik elektron lagi.