Permukaan air 1 gr/cm3 di dalam pipa kapiler berdiameter dalam 1 mm adalah 4 cm di atas permukaan air di luar pipa. Jika sudut kontak air bahan pipa kapiler 60 derajat, besarnya tegangan permukaan air adalah ...... N/m. thankyouuuuuu:3

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-20T22:41:04+07:00
Rho = 1000 kg/m³
d = 1 mm 
r = 5 x 10⁻¹ mm = 5 x 10⁻⁴ m
Ф = 60°
y = 4 cm = 4 x 10⁻² m
γ = ?

y = 2γcosФ / rhogr
γ = y x rho x g x r / 2 x cosΦ
   = 4 x 10⁻² x 10³ x 10 x 5 x 10⁻⁴ / 2 x cos60°
   = 20 x 10⁻² / 2 x 1/2
   = 2 x 10⁻¹ N/m


semoga membantu :D
9 4 9
dapetin simbolnya drmana ya? klo pake Android bs tlg dibantu :D
di android nggak ada, bisa ditambahin kalo lewat komputer aja :)
ohh okelahh makasih:)
terimakasih ya:)
2014-03-20T22:41:12+07:00
Rho= 1gr/cm3 = 1000kg/m3 R= 0.5 mm = 5x 10^-4 m H= 0,04 °= 60 Gamma? h = 2(gamma)cos° - - - - - - - - - - rho * g * r 0,04 =( 2* gamma * cos60)/1000 *10*5*10^-4 0,04 = (2*gamma*1/2) / 5 0,2 = gamma