Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-20T20:55:51+07:00
Hingga kini, belum ada data valid yang menuturkan tentang asal muasal nama Kota Batam. Bahkan, hikayat atau legenda yang ada dan tertutur dari mulut ke mulut belum mampu utuh menjabarkan toponimi “Batam.” Yang ada, justru orang kerap memberi kepanjangan Batam, dengan berbagai versi.

Pada era 1980-an, ketika Batam mulai bergeliat, tumbuh menjadi kota industri, orang sekenanya memberi kepanjangan Batam. Ada yang menyingkat Batam dengan Bila Anda Tiba Akan Menyesal. Ada yang menyebutnya Bila Tabah Anda Akan Menang, dan lain sebagainya.  

Berbagai versi singkatan itu muncul, agaknya tidak lain karena literatur yang mendedah tentang penamaan Batam pada dekade itu, sangat minim. Orang-orang Batam yang telah mendiami pulau ini sejak lama pun, bisa dibilang tidak mengerti banyak mengapa kota pulau ini dinamai Batam. Tradisi lisan yang menceritakan tentang asal usul nama daerah, justru banyak merujuk pada nama kawasan atau kampung di sekitaran Batam seperti Jodoh, Nagoya, Batu Aji, Pulau Buluh, Batu Ampar, Kampung Agas, Tanjung Uma, dan lainya.

Namun belakangan, ketika Batam makin banyak dihuni penduduk dengan beragam etnis dari berbagai daerah di nusantara, orang kemudian mulai penasaran, ingin mengetahui lebih jauh tentang asal usul nama Batam beserta hikayat atau legenda yang melingkupinya.

Tapi itu pun hingga kini belum terjawab tuntas. Tapi demikian, lambat laun, muncul beberapa tulisan yang meski sedikit, telah menyinggung tentang toponimi Batam. Versinya beragam dan di-input dari berbagai sumber, terutama orang-orang lama yang justru berasal dari luar Pulau Batam.

MAAF KLO SALAH :D

Tolong jadikan yg terbaik ya. Please.... Thanks :)
1 5 1
2014-03-21T05:31:18+07:00
Home » BATAM » ASAL USUL NAMA KOTA BATAM ASAL USUL NAMA KOTA BATAM 2 Comments BATAM Kota Batam merupakan salah satu pulau yang berada di antara perairan Selat Malaka dan Selat Singapura. Tidak ada literatur yang dapat menjadi rujukan darimana nama Batam itu diambil, yang jelas Pulau Batam merupakan sebuah pulau terbesar dari 329 pulau yang ada di wilayah Kota Batam. Satu-satunya sumber yang dengan jelas menyebutkan nama Batam dan masih dapat dijumpai sampai saat ini adalah Traktat London (1824).