1. Zat cair apakah yang digunakan dalam termometer zat cair?
2. Apa kelebihan dan kekurangan zat cair tersebut!

3. Ubahlah suhu-suhu berikut ini.
a. 00C ke Kelvin c. 2730C ke Kelvin
b. 0 K ke derajat Celsius d. 273 K ke derajat Celsius
4. Ubahlah suhu celsius berikut ini ke suhu Kelvin.
a. 270C b. 5600C c. –1840C d. –3000C
5. Ubahlah suhu kelvin berikut ini ke suhu Celsius.
a. 110 K b. 22 K c. 402 K d. 323 K
6. Temukan suhu dalam celsius dan Kelvin untuk keterangan berikut ini.
a. suhu kamar;
b. suhu lemari es
c. suhu siang hari pada musim kemarau
d. suhu malam hari pada musim penghujan

7. Apa yang dimaksud dengan suhu?
8. Mengapa indra perasa bukan pengukur suhu yang andal?
9. Jelaskan macam-macam termometer!
10. Bagaimanakah persamaan dan perbedaan cara menentukan titik terbawah dan
titik teratas pada skala Celcius dengan skala Fahrenheit?
11. Konversikan:
a. 45oC = ..... oR = ..... oF = ..... K
b. 36oR = ..... oC = ..... oF = ..... K
c. 14oF = ..... oC = ..... oR = ..... K
d. 225oK = ..... oC = ..... oR = ..... oF
12. Terdapat 4 termometer skala Celcius dengan skala terkecil dan terbesarnya
ditunjukkan pada tabel di bawah ini:
Termometer Skala terkecil (oC) Skala terbesar (oC)
A 0 100
B 20 37
C 10 60
D 32 45
Termometer manakah yang paling sesuai untuk mengukur suhu tubuh manusia?Jelaskan!

tolong dijawab cepat yaa



2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-20T20:52:37+07:00
1. zat cair : raksa
2. kelebihan : tidak membasahi dinding kaca termometer shgga data yg ddpt lbh akurat
kelemahannya raksa mudah menguap.

2 5 2
2014-03-20T21:52:07+07:00
3. b. 0k=…°C tc=tk-273 =0-273 =273 c. 2730°C=…k tk=2730+tc =2730+273 =5460K d.273K=…°C tc=tk-273 =273-273 =0 4. a. tk=273+270 =3 b. tk=273+5600 =8330 c. tk=273+(-1840) =(-1567) d. tk=273+(-3000) =3273 5. a. tc=110-273 =(-163) b. tc=22-273 =(-251) c. tc=402-273 =129 d. tc=323-273 =50 6. a. 35°C=273+35°C=308K b. 10°C=273+10°C=283K c. 45°C=273+45°C=318K d. 25°C=273+25°C=298K 7. suhu adalah besaran yg dinyatakan dlm bentuk derajat panas/dingin pd suatu benda 8. macam² termometer: 1. termometer zat cair 2. termometer bimetal 3. termometer kristal cair