1. Fotosintesis berlangsung kepada daun
hijau karna mengandung krolofil. Apakah tanaman bayam merah terjadi
fotosintesis? Mengapa demikian ?



2. a. Apakah yg dimaksud dg fotosintesis?

b.
Apakah fotosintesis dapat berlangsung pada siang hari yg sangat panas ?
Jelaskan !

c.
Apakah proses fotosintesis tetap berlangsung ? Jika kandungan co2
diudara lebih rendah diban dingkan o2


d.
Bagaimana pengaruh ketersediaan air terhadap kecepatan fotosintesis ?

2

Jawabanmu

2014-03-20T18:27:35+07:00
1. dapat ,karena Jika dilihat dari arti klorofil maka tumbuhan bayam merah tidaklah memiliki klorofil. Tetapi sebenarnya tumbuhan bayam merah memiliki klorofil. Karena dapat dilihat pada masa muda tumbuhan bayam merah bahwa tumbuhan tersebut memiliki warna hijau dibagian tubuhnya. Hanya saja karena tumbuhan ini memiliki zat anthocyanin, dalam jangka waktu yang lama tumbuhan bayam merah berubah warna menjadi merah, tidak lagi memiliki warna hijau pada bagian tubuhnya.

2. a. proses pembuatan makanan sendiri pada tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya matahari
b. dapat , karena fotosintesis memerlukan cahaya matahari

1 5 1
2014-03-20T18:34:59+07:00
A. tumbuhan bayam merah memiliki klorofil. Karena dapat dilihat pada masa muda tumbuhan bayam merah bahwa tumbuhan tersebut memiliki warna hijau dibagian tubuhnya. Hanya saja karena tumbuhan ini memiliki zat anthocyanin, dalam jangka waktu yang lama tumbuhan bayam merah berubah warna menjadi merah, tidak lagi memiliki warna hijau pada bagian tubuhnya. Karena zat anthocyanin adalah zat yang sangat sensitive terhadap perubahan pH (zat asam). Perubahan pH tersebut terjadi dikarenakan pemanasan dalam jangka waktu yang cukup lama pada sang tumbuhan.
b.fotosintesis adalah  suatu proses biokimia pembentukan zat makanan karbohidrat yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun atau klorofil.
c.CO2, diambil dalam bentuk gas dari udara, masuk melalui mulut daun (stoma). Dalam keadaan terik, kadar CO2 rendah, sehingga proses fotosintesis akan terhambat. Semakin banyak karbon dioksida di udara, makin banyak jumlah bahan yang dapat digunakan tumbuhan untuk melangsungkan fotosintesis.
d.Ketersediaan air akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan suatu tanaman. Pertumbuhan suatu tumbuhan dapat diukur melalui berat bering dan laju pertumbuhan relatifnya. Berat kering tumbuhan yang berupa biomassa total, dipandang sebagai manifestasi proses-proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh tumbuhan. Biomassa tumbuhan meliputi hasil fotosintesis, serapan unsur hara dan air. Berat kering dapat menunjukkan produktivitas tanaman karena 90% hasil fotosintesis terdapat dalam bentuk berat kering (Gardner et al., 1991). Dari data parameter pertumbuhan diketahui bahwa perlakuan perbedaan tingkat ketersediaan air (40, 60, 80, dan 100% kapasitas lapang)
semoga membantu...





1 5 1