Sebuah kawat besi pada suhu 10 C panjangnya 50cm. Kawat tersebut dipanaskan hingga suhunya menjadi 30 C. Jika koefisien muai panjang besi 0,000012/C tentukan :
a. Panjang kawat setelah dipanaskan
b. Perubahan panjangnya

2

Jawabanmu

2014-03-20T15:56:11+07:00
A = 0,000240
b = 0,000012/c tiap suhunya dinaikan 1C
Jawaban paling cerdas!
2014-03-20T15:56:31+07:00
1. Lt = L0 (1 . a . deltaT)
    Lt = 50 (1. 0,000012 . 20)
    Lt = 50 (1. 0,00024)
    Lt = 50 . 1,00024
    Lt = 50,012cm
2. deltaL = L0 . a. deltaT
    deltaL = 50 . 0,000012 . 20
    deltaL = 50 . 0,00024
    deltaL = 0,012cm
jadi 1. panjang kawt pada suhu 30 derajat C adalah 50,012cm
      2. perubahan panjangya sebesar 0,012cm
2 5 2