Jawabanmu

2014-03-20T11:04:16+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Koloni, perwalian,mandat,protektorat,dominion,dan uni


jawaban terbaik ya

Jawaban paling cerdas!
2014-03-20T11:06:22+07:00
B. Bentuk-Bentuk Kenegaraan 
Secara garis besar bentuk kenegaraan ada 6, yaitu: 
1. Koloni 
Adalah yang berada di bawah kekuasaan negara lain. 
Dalam negara koloni, urusan politik, hukum, dan pemerintah masih tergantung pada negara yang menjajahnya. 
Contoh Indonesia sebelum 17 Agustus 1945 
2. Perwalian (Trustee) 
Adalah negara yang pemerintahannya berada di bawah pengawasan Dewan Perwalian PBB. 
Munculnya Trustee merupakan hasil perjanjian San Francisco sesudah perang dunia II. 
Tujuan perwalian adalah untuk meningkatkan kemajuan rakyat daerah trustee dibidang politik, ekonomi, sosial, pendidikan serta perkembangan hak asasi manusia menuju pemerintahan sendiri. 
Contoh : Tanzania menjadi perwalian PBB sejak tahun 1945 (merdeka tahun 1962). Nimibia menjadi perwalian PBB sejak tahun 1967 (merdeka tahun 1990) 
3. Mandat 
Adalah negara bekas jajahan negara-negara yang kalah dalam perang dunia I, yang diletakkan pemerintahan mandat dari negara–negara yang menang perang di bawah pengawasan Dewan Mandat LBB. 
Contoh : Kamerun bekas jajahan Jerman menjadi Mandat Perancis 
4. Protektorat 
Adalah negara-negara bekas jajahan Inggris yang telah merdeka dan berdaulat, yang tergabung dalam ikatan The British Commonwealth of Nation atau negara-negara persemakmuran. 
Contoh : Kanada, Australia, Selandia Baru, India, Afrika Selatan dan Malaysia. 
5. Uni 
Adalah gabungan dua negara atau lebih yang dikepalai seorang raja. 
Ada dapat dibedakan menjadi : 
Uni Personil : terbentuk karena dua negara yang tergabung secara kebetulan kepala negaranya sama. Contoh : Uni Belanda – Luxemburg (1839 – 1890), Uni Inggris – Skotlandia (1603 – 1707). 
Uni Riil : terjadi bila negara-negara yang tergabung memiliki alat kelengkapan negara yang sama untuk menyelenggarakan kepentingan bersama, yang diebentuk melalaui perjanjian 
Uni Zui Generalis : gabungan dua negara atau lebih yang mempunyai kelengkapan bersama untuk mengurus kepentingan luar negeri, setelah ada kesempatan lewat perjanjian. 
6. Dominion 
Adalah negara yang berada di bawah perlindungan negara lain. 
Urusan hubungan luar negeri dan pertahanan keamanan diserahkan kepada negara pelindungnya melalui perjanjian. 
Contoh : Monako sebagai protektorat Perancis, Tibet sebagai proktektorat China. 
Menurut Samidjo, SH. Protektorat dapat dibedakan menjadi 
dua macam: 
a.Protektorat Kolonial 
b. Protektorat Internasional
jadikan jwaban terbaik yaa :D
oke. thanks
you're welcome
sebagai tambahan : Negara serikat, dan negara kesatuan