Jawabanmu

2017-01-12T22:40:35+07:00
Halo  Shafirahermaya!

Pertama-tama kamu perlu tahu bahwa Negosiasi adalah suatu proses dimana kedua belah pihak atau lebih yang mempunyai kepentingan yang sama dan/atau bertentangan duduk bersama dalam suatu pertemuan/pembicaraan dengan tujuan untuk mencapai kesepakatan.
Sedangkan alasan terjadinya negosiasi adalah karena adanya kepentingan yang berlawanan/bertentangan dan juga karena adanya kepentingan yang sama antar pihak-pihak.
Apakah tujuan negosiasi?Tujuan negosiasi adalah untuk mencapai suatu kesepakatan yang diterima kedua belah pihak.
Kunci utama agar suatu negosiasi berjalan dengan sukses adalah dengan cara bernegosiasi dengan mengutamakan/menyoroti kepentingan-kepentingan yang sama dan mengesampingkan/menghindari perbedaaan/pertentangan antara pihak-pihak yang bernegosiasi.
Sedangkan tehnik bernegosiasi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:1. Persuasif, yaitu tehnik bernegosiasi dengan membujuk untuk mencapai suatu maksud tertentu. Dengan cara ini, maka seorang negosiator berusaha meyakinkan pihak lain menerima tuntutan yang mereka inginkan.2. Kompromi yang bersifat konstruktif/membangun, yaitu tehnik bernegosiasi dengan membuat suatu persetujuan dengan jalan damai atau saling mengurangi tuntutan.
Selanjutnya, posisi atas hasil negosiasi yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut:1. Menang - Menang, posisi ini menempatkan kedua belah pihak berhasil mendapatkan sebagian dari keinginan/tuntutan mereka.2. Menang - Kalah, posisi ini menempatkan salah satu pihak berhasil mendapatkan seluruh keinginan/tuntutan mereka dan benar-benar sesuai dengan rencana yang mereka harapkan. Sementara pihak lainnya tidak mendapatkan keinginan/tuntutan mereka sama sekali, atau hanya mendapatkan sedikit sekali dari keinginan/tuntutan mereka.3. Kalah - Memang, posisi ini adalah kebalikan dari "Menang - Kalah", yaitu posisi dimana salah satu pihak tidak mendapatkan apa-apa atas keinginan/tuntutannya, atau mendapatkan hasil yang sedikit sekali dari keinginan/tuntutannya. Sementara pihak lainnya mendapatkan seluruh keinginan/tuntutan mereka.4. Kalah -Kalah, posisi ini menempatkan kedua belah pihak pada perundingan yang gagal mencapai kesepakatan dikarenakan pertentangan kepentingan lebih dominan daripada persamaan kepentingan pada kedua belah pihak.
Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.
1 5 1