Jawabanmu

2014-03-20T09:41:08+07:00
Unsur unsur .
- unsur intrinsik terdiri dari tema, alur, dan latar
- unsur ektrinsik terdiri dari latar belakang penulis , kondisi kehidupan pengarang, kondisi sosial saat cerita itu di buat.

maaf cumn bisa ngsih unsur2 nya ajj , soal nya cerpen nya panjang bnget ..
smga bermamfaat . ;)
2014-03-20T09:44:47+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Legenda sungai musi Zaman dahulu kala,sebelum datang kerajaan sriwijaya.hubungan lalu lintas laut di seluru dunia dilakukan dengan perahu layar.pada zaman itu pula lanun atau bajak laut ada.konon bajak laut asal Negara cina,terdiri dari tiga perahu layar,berlayar ke selat Bangka.perampok itu di pimpin oleh seorang yang bergelar kapitan. Mereka tertarik dengan sungai musi,terutama karena lebarnya.tiga perahu layar besar itu beriringan  memasuki sungai dan menghulu.para perompak itu melihat banyak perahu besar itu beriring-iring memasuki sungai dan menghulu. Para prempok itu melihat banyak perahu besar dan tongkat dari hulu sarat dengan muatan hasil bumi. Kapitan memerintahkan anak bauhnya untuk mendekati perahu dengan ramah tanpa menggaanggu. Perahu dan tongkat berisa barang dagangan dan hasil bumi seperti beras,kopi,sayur-sayuran,dan lain-lain. Baran-barang tersebut mahal harganya di Negara lain.pedagang tersebut datang dari pulau lain di nusantara.perompak itu membeli dagangan mereka.karna mereka tidak pandai berbahasa china, maka digunakan bahasa isyarat. Ketika itu pembayaran tidak dilakukan dengan uang, tetapi denagn barang(berter) yang ada di dalam perahu perompak,seperti kain,perak,emas,sampia bahan pangan . Melalui bahasa isyarat itu diketahui bahwa hasil pertanian diperoleh dari daerah hulu. Kapitan dan anak buahnya menuju ke hulu. Mereka berbencar menuju ke hulu. Akhirnya mereka, menemukan gunung dempo (lahat) yang kaya dengan tanaman kopi dan merupakan lahan pertanian yang subur. Di muara enim mereka menemukan tanaman rempah-rempah dan batu bara. Sementara di rejang lebong mereka terkejut melihat penduduk mendulan emas.tanaman tembakau mereka menemukan di danau ranau. Kapitan dan anak buahnya sepakat membeli semua barang dagangan itu. Alhasil perahu mereka penuh sesak dengan dagangan hasil bumi. Mereka sudah kehabisan barang-barang untuk menukar. Mereka memutuskan untuk meninggalkan daerah itu dan berjanji untuk kembali lagi. Suatu malam terpikir olek kapitan untuk member nama daerah itu. Dia memberi nama MU,CI. Dalam bahsa cina yang berarti dewi ayam betina makhlukn yang member keuntungan bagi manusia karena menghasilkan telur yang banyak selain itu muci sebagai penolong manusia karena tanahnya yang kaya raya dengan hasil bumi. Tidak hanya kebaikan mudah bergaul, dapat menerima orang asing dan suka menolong. Begitu juga dengan akum perempuannya. Mereka pekerja keras , sangat melindungi anaknya. Tak ubahnya seperti ayam betina. Di balik keramahanya, mereka juga tak sengan-sengan membunuh orang agi yang melakukan kecurangan atua menipu. Beretusan tahun kemudian kata MUCI berubah menjadi MUSI.

Identifikasi Ø UNSUR INTRINSIK
v TEMA Proses perubahan nama sungai musi dari muci menjadi musi
v ALUR Alur Maju
v Latar/setting -di sungai -di kapal
v PENOKOHAN Kapitan = pemimpin kejahatan Pedagag = pintar tawar menawar
v Amanat/pesan Tetap jaga kekayaan hasil bumi yang kita miliki



semoga membantu :)
1 5 1