Jawabanmu

2014-03-20T09:21:59+07:00
Nasionalisme diyakini sebagai syarat mutlak untuk membentuk sebuah negara yang mandiri. Itulah mengapa para founding father kita selalu menekankan akan nasionalisme dan menolak segala bentuk imperialisme, kolonialise, maupun yang ditakutkan oleh Bung Karno yaitu neo-kolonialisme, yang disadari atau tidak saat ini tengah terjadi di pusaran dan pergolakan politik, ekonomi, social dan keamanan negeri ini. Sebagai negara yang tengah berdaulat, Indonesia sangat mengharapkan warga negaranya memiliki sikap dan laku nasionalisme. Sebab jika tidak, negara ini, baik dalam system politik dan ekonomi serta sektor lainnya akan mudah dipengaruhi atau disetir oleh negara lain, yang menginginkan sumber daya alam Indonesia yang terkenal kaya raya. Faham kebangsaan ini menjadi tolak ukur kemajuan dan kemandirian bangsa Indonesia ke depannya. Perlu diketahui, problem ini bukan hanya dihadapi oleh bangsa Indonesia, tapi juga seluruh bangsa, dan mereka meyakini bahwa nasionalisme itu penting.
Penanaman nasionalisme harus dilakukan sejak dini, sehingga sekolah yang merupakan lembaga pendidikan yang membentuk karakter peserta didik sejak dini harus menanamkan sikap ini.

2014-03-20T10:01:03+07:00
Sikao relistis nasionalisme indonesia adalah sikap yang terobsesi atau ingin sekali membela negara nya sendiri dan mengargai,menghormati negara dan pahlawanya