1. apakah semua makhluk hidup bernapas dengan paru paru? jelaskan!
2. apa yang terjadi jika makhluk hidup menahan nafas selama beberapa detik, menit atau jam?

2
1.tidak semua, karena beberapa makhluk hidup juga ada yang hidup di perairan, tapi hanya beberapa makhluk hidup ada yang hidup di perairan dengan menggunakan paru-paru
2.akan kekurangan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-20T07:39:50+07:00
1. Tidak , manusia = PARU- PARU , Katak = TRAKEA , Ikan = insang. Makhluk hidup memiliki alat pernafasan yg berbeda-beda karena untuk menyesuaikan diri seperti ikan = insang untuk hidup di air
2. Dada terasa sesak, dan jika terlalu lama menahan nafas , akan bisa menyebabkan kematan
1 5 1
2014-03-20T07:40:16+07:00
Tidak, karena da yg bernafas menggunakan ingsang n kulit...
jka kita menahan nafas maka tidak akan ada oksigen yg akan dibawa oleh darah keseluruh tubuh,, ini mengakibatkan tidak terjadinya proses oksidasi yg dibutuhkan tubuh,,, jka suatu sel kekurangan oksgen maka sel tersebut bisa mati