Jawabanmu

2014-03-20T02:20:07+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
 Aturan Sinus . . ====++===== aturan yang kita gunakan ketika kita mendapati soal yg berbau dengan segitiga. aturan sinus biasanya digunakan jika kita menemukan soal segitiga yg hanya beberapa komponen dari segitiga itu yg diketahui, dan minimal tiga hal dr segitiga yg harus diketahui, yakni bisa sudut sisi sudut, sudut sudut sisi dan sudut sisi sisi. yang inti dari hal ini ialah dari ketiga komponen yg diketahui, harus ada sudut dan sisi didepan sudut tersebut yang sudah diketahui . .
berikut penggunaan rumusnya . .

jadi ketika Tiga komponen diketahui . .
misal a, Sudut A, dan Sudut B . .
maka kita bisa mncari besar sisi b . .

b = a. Sin B/Sin A

bgtulah penggunaan aturan sinus, dan biasanya disajikan dalam bentuk yg bergam . .

Aturan Cosinus . .
======++=====

aturan cosinus juga berlaku pada segitiga, sama halnya dengan aturan sinus, bedanya ialah syarat penggunaannya. aturan cosinus dipakai apabila yang diketahui dari soal segitiga itu ialah sisi sudut sisi, dan perlu di ingat sudut yg diketahui harus pas di apit oleh kedua sisi yg diketahui. disinilah spesialisasinya, berikut penggunaan rumus umum yg sering digunakan untuk aturan cosinus . .


semoga dapat membantu :)
lihat di pesan sudah di kirim ,semoga membantu :)
smart bener nih anak
-_- baru tau aku kalau om dimas dah ganti fp
@daud : biar nda bosen Mas Daud
Komentar sudah dihapus
2014-03-20T03:19:29+07:00
Hukum sinusDalam trigonometrihukum sinus ialah pernyataan tentang segitiga yang berubah-ubah di udara. Jika sisi segitiga ialah (kasus sederhana) ab dan cdan sudut yang berhadapan bersisi (huruf besar) AB and C, hukum sinusmenyatakan

Rumus ini berguna menghitung sisi yang tersisa dari segitiga jika 2 sudut dan 1 sisinya diketahui, masalah umum dalam teknik triangulasi. Dapat juga digunakan saat 2 sisi dan 1 dari sudut yang tak dilampirkan diketahui; dalam kasus ini, rumus ini dapat memberikan 2 nilai penting untuk sudut yang dilampirkan. Saat ini terjadi, sering hanya 1 hasil akan menyebabkan seluruh sudut kurang daripada 180°; dalam kasus lain, ada 2 penyelesaian valid pada segitiga.
Timbal balik bilangan yang yang digambarkan dengan hukum sinus (yaknia/sin(A)) sama dengan diameter d . Kemudian hukum ini dapat dituliskan
Dapat ditunjukkan bahwa:

di mana
s merupakan semi-perimeter
Hukum cosinusSebuah segitiga sembarangHukum kosinus, atau disebut juga aturan kosinus, dalam trigonometriadalah aturan yang memberikan hubungan yang berlaku dalam suatusegitiga, yaitu antara panjang sisi-sisi segitiga dan kosinus dari salah satu sudut dalam segitiga tersebut. Perhatikan gambar segitiga di kanan. Aturan kosinus menyatakan bahwadengan  adalah sudut yang dibentuk oleh sisi a dan sisi b, dan c adalah sisi yang berhadapan dengan sudut .
Aturan yang sama berlaku pula untuk sisi a dan b:
Dengan kata lain, bila panjang dua sisi sebuah segitiga dan sudut yang diapit oleh kedua sisi tersebut diketahui, maka kita dapat menentukan panjang sisi yang satunya. Sebaliknya, jika panjang dari tiga sisi diketahui, kita dapat menentukan besar sudut dalam segitiga tersebut. Dengan mengubah sedikit aturan kosinus tadi, kita peroleh: