Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-19T23:08:24+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Penyebab terjadinya cegukan  
Terkadang cegukan muncul pada situasi-situasi tertentu. seperti makan terlalu cepat, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, kelebihan minuman beralkohol. Selain itu cegukan juga disebabkan karena tekanan saraf frenik oleh struktur anatomi yang lain, atau karena tumor dan penyakit ginjal lainnya, meski hal ini jarang terjadi. American Cancer Society melaporkan bahwa 30% pasien kemoterapi menderita cegukan sebagai efek samping perlakuan. 

Cara memberhentikan cegukan
Ø  Menahan napas, karena dengan menahan napas maka kadar karbondioksida di dalam darah meningkat, sehingga kecegukan berhenti.Ø  Membalik posisi tubuh dengan meletakan kepala dibawah kaki diatasØ  Bernapas di dalam kantong kertas.Ø  Minum segelas air dingin atau mengunyah roti kering atau es batu yang diserut.Ø  Menarik lidah atau menggosok bola mata secara perlahan.Kecegukan yang bersifat menetap memerlukan pengobatan yang lebih intensif. Obat-obat yang digunakan adalah skopolamin, proklorperazin, klorpromazin, baklofen, metoklopramid dan valproat.


semoga membantu :)
2014-03-19T23:09:31+07:00
Cegukan terjadi karena adanya kontraksi tiba-tiba yang tidak sengaja pada diafragma dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menit