Panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran adalah 12 cm. Jarak kedua pusat lingkaran tersebut 13 cm. Jika panjang salah satu jari-jari lingkaran 3,5 cm maka panjang jari-jari lingkaran yang lain adalah...?

2
kalau gak salah panjang jari jari lingkaran lainnya 1,5 cm
Jawabannya 8,5 cm.
oh ya maksud ku 8,5 cm kalau luar lingkaran ,,, tapi kalau dalam 1,5 cm...
Dah ada tuh jawaban ku

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-19T22:28:36+07:00
Penyelesaian:Panjang garis singgung persekutuan luar adalah 12 cm, maka d = 12. Jarak kedua pusat lingkaran adalah 13 cm, maka p = 13. Panjang salah satu jari-jari lingkaran adalah 3,5 cm, sehingga r = 3,5. Panjang jari-jari lingkaran yang lain = R, sehingga
d= √(p2 – (R - r)2)
12 = √(132 – (R – 3,5)2)
122 = 132 – (R – 3,5)2
144 = 169 – (R – 3,5)2
(R – 3,5)2 = 169 – 144
(R – 3,5)2 = 25
R – 3,5 = √25
R – 3,5 = 5
R = 5 + 3,5
R = 8,5 cm
Jadikan jawaban terbaik ya :)Salam belajar
13 4 13
2014-03-19T22:28:49+07:00
#RUMUS CEPAT garis singging luar itu??? ada kan triple phytagoras yang 5,12,13 kan??? nah jadi jari jarinya itu diketahui di soal adalah r. kan kalau garis singgung luar jari jarinya dikurang kan? jadinya, R-r = 5 <- (8,5-3,5) jadi jari jari yang satunya lagi adalah 8,5 cm
2 1 2