Mau nanya nih,kan kalo epiglotis itu kan menghalangi masuknya makanan didalam saluran pernapasan,kalo ada udara epiglotis bakal kebuka tp kalo makanan masuk bakalan di tutup.Tapi kan kalo makan,kita juga bernapas ya?trus kalo pas makanan masuk epiglotisnya nutup trus udara yg kita hirup gimana?

2

Jawabanmu

2014-03-19T19:51:07+07:00
Ketika menelan epiglotis nya tertutup
pd saat proses menelan kita ttep bernapas kan?trus udara yg kita hirup gimana?
ketika menelan kita tidak menarik ataupun mengeluarkan nafas. coba deh kamu makan atau minum, pas nelan pasti idung nya kerasa tertutup, kalo kamu makan sambil nafas nanti kamu tersedak :)
2014-03-19T19:53:24+07:00
Seperti yang sudah kita tau, saluran pernapasan dan saluran pencernaan kita bertemu di pangkal rongga mulut, yaitu pada daerah tekak, di langit langit mulut bagian belakang terdapat anak tekak. Pada pangkal saluran pernapasan (tenggorokan (laring)) terdapat katup yang disebut epiglottis. Ketika kita bernapas, epiglotis terbuka dan anak tekak melipat ke bawah bertemu epiglottis sehingga saluran makanan (kerongkongan) tertutup. Udara akan masuk melalui melalui pangkal tenggorokan. Ketika kita menelan , epiglottis menutup pangkal tenggorokan dan makanan akan masuk ke kerongkongan (esofagus). mekanisme itu yang membuat makanan dan udara yang kita hirup tidak 'salah jalan'. Tetapi jika kita menelan dan epiglottis belum menutup, makanan dan minuman akan masuk ke tenggorokan. Saat itu kita tersedak