Dari sebuah deret aritmatika u3=14 sedangkan jumlah u4 dan u7 adalah 53 tentukan rumus suku ke n dan jumlah seluruh suku pertama

2
iya,hehe makasih..
kalau yang ini gimana kk? tentukan rumus jumlah n suku pertama dari deret aritmatika jika u7=15 dan sn=168
soal yang itu kurang lengkap
krang lengkap gmna kk?
yang diketahui kurangg, ngga bisa dikerjain

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-19T19:40:29+07:00
U3 = a + 2b = 14
U4 + U7 = 2a + 9b = 53
U3 x 2 = 2a  + 4b = 28

dikurangi

5b = 25
b = 5, a = 4

Un = a + (n-1)b
     = 4 + (n-1)5
     = 5n - 1
kalau jumlah seluruh suku prtama pakek rumus mana ?
maaff belom dibikin, pake rumus Sn=n/2(5n+3) :)
2014-03-19T20:02:22+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Diketahui : 
U3 = 14 dan U4 + U7 = 53.
Penyelesaian :
Persamaan pertama :
U3 = a + 2b = 14 
        a = 14 – 2b …(1)
Persamaan kedua :
U4 + U7 = (a + 3b) + (a + 6b) 
             = 2a + 9b = 53 …(2)
Substitusi persamaan (1) ke (2) :
2(14 – 2b) + 9b = 53
28 – 4b + 9b = 53
5b = 53 – 28
5b = 25
b = 25/5 
b = 5  

Subtitusi b = 5 ke persamaan :
a = 14 – 2b 
a = 14 – 2(5) 
a = 14 – 10 
a = 4
Sehingga, 
Un = a + (n – 1)b 
     = 4 + (n – 1)(5) 
     = 4 + 5n – 5 
     = 5n – 1

Untuk suku ke sepuluh ialah :
Sn = \frac{n}{2} (2a + (n -1)b)

S_{10} = \frac{10}{2} (2(4) + (10 -1)5)

S_{10} = 5 (8 + (9)5)

S_{10} = 5 (8 + 45)

S_{10} = 5 (53)

S_{10} = 265

Jadi suku kesepuluh ialah 265
Nah, kalau untuk sepuluh suku pertama jawabannya 256
Jadikan yg terbaik ya, dengan memberi label terbaik :)
265 kn
oh iya, lupa, akan saya edit ya :
Nah, sudah saya betulkan, jadikan yg terbaik ya :)