karna, untuk pembentukan energi di dalam sel, tidak semua bahan baku dapat d buat oleh tubuh. jadi saat kita makan, makanan yang mengandung karbohidrat dan lainnya diurai oleh zat2 yang ada di mulut, lalu zat2 yang telah terurai masuk ke dalam sel. dan disanalah proses pembentukan energi tsb

Jawabanmu

2014-03-19T18:53:37+07:00
Karena makanan adalah sumber karbohidrat yang brfungsonsebagai energi tubuh kita,dan ikut jaha protein dll
Jawaban paling cerdas!
2014-03-19T19:02:05+07:00
Makanan dalam hal ini adalah nasi (karbohidrat), lauk + pauk (protein, lemak, mineral, vitamin)
mengapa merupakan sumber energi?
karena ketika zat diatas (karbohidrat, lemak, protein) di 'bakar' dalam tubuh melalui suatu proses metabolisme zat diatas akan menghasilkan ATP
ATP (Adenosis Tri Phospat) inilah yang apabila dipecah akan menghasilkan energi yang kita gunakan untuk aktivitas sehari-hari

Namun saya lupa nilai pasti energi yang dihasilkan, nanti saya tambahkan.

~Ego
berdasarkan referensi Wikipedia,
1 gr karbohidrat akan menghasilkan sekitar 4 kkal
1 gr protein menghasilkan 4 kkal
1 gr lemak menghasilkan 9,3 kkal
namun umunya yang diolah oleh tubuh terlebih dahulu adalah karbohidrat, sedangkan protein dan lemak akan disimpan sbg cadangan masing2 dalam bentuk glikoprotein dan jaringan lemak bawah kulit.
apabila karna sesuatu hal (mis. puasa) tubuh kekurangan karbohidrat, barulah zat cadangan tadi digunakan.

~Ego