sultan yang paling besar dalam masa Kesultanan Aceh, yang berkuasa dari tahun 1607 sampai 1636
Sultan Iskandar Muda adalah putra dari Puteri Raja Indra Bangsa, keturunan keluarga Raja Darul Kamal dan ayahnya adalah Sultan Alauddin Mansur Syah yang merupakan putra Sultan Abdul Jalil bin Sultan 'Alaiddin Ri'ayat Syah Al-Kahhar.

Jawabanmu

2015-09-17T20:36:30+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
menjadi sultan pada tahun 1607-163 M. pada masa kekuasaannya kerajaan aceh darusalam maju pesat. rumbuh pesat dan mencapai masa kejayaan nya. wilayah kekuasaannya sangat luas, meliputi daerah senanjung malaya (malaysia). kerajaan aceh darusalam menciptakan jalur perdagangan alternatif melalui pantai barat sumatra. jalir ini sangt ramai sehingga keberhasilan kerajaan aceh menguasai perdagangan dpat mengalahkan monopoli perdagangan portugis di kerajan malaka. selanjutnya kerajaan aceh hanya berdagang dengan bangsa tertentu dan pedagang dri asia. kegiatan perdagangan ekspor impor meliputi beras, emas, perak, tekstil, porselin, minyak wangi, lada dan timah. aceh darusalam merupakan pridusen rempah" yang sangat terkenal dikalangan para pedagang. struktur yang dibentuk oleh sultan iskandar muda adalah struktur kekuasaan dibagi dua yaitu kekuasaan oleh kaum bangsawan dan kekuasaan oleh kaum alim ulama. dalam kekuasaan ke bangsawanan, kerajaan dibagi menjadi daerah" hulubalang yang dikepalai oleh uleebalang.
1 1 1