Jelaskan makna yang terkandung dari kalimat “Dengan Rahmat TuhanYang Maha Esa” ?

2
Sila pertama dari Pancasila Dasar Negara NKRI adalah Ketahuan Yang Maha Esa. Kalimat pada sila pertama ini tidak lain menggunakan istilah dalam bahasa Sansekerta ataupun bahasa Pali. Banyak diantara kita yang salah paham mengartikan makna dari sila pertama ini. Baik dari sekolah dasar sampai sekolah menengah umum kita diajarkan bahwa arti dari Ketahuan Yang Maha Esa adalah Tuhan Yang Satu, atau Tuhan yang jumlahnya satu. Jika kita membahasnya dalam bahasa Sansekerta ataupun Pali, Ketahuan Yang M

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-19T09:15:51+07:00
Dalam 'Pancasila ' yang rumusannya tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. sila pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa Ketuhanan yang bmaha esa makna nya Tuhan Yang Maha Esa
yang dimaksud adalah: Allah Yang Maha Kuasa
sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea 3.
Atas Berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa
Maksudnya Allah lah yang memberi kemerdekaan bangsa Indonesia.
Pada Pasal 29 ayat 1. tercantum
Negara berdasar Ketuhanan Yang Maha Esa
maksudnya Yaitu berdasar Allah yang Maha Kuasa Selanjutnya untuk memahami lebihlanjut tentang Allahyang Maha Kuasa yaitu Tuhan nYang Maha Esa. Negara menjamin kemerdekaan bagi setiap penduduk untuk memeluk agamanya dan beribadah sesuai dengan agamanya dan kepercayaannya.
Sebagaimana tercantum dalam Pasal 29 ayat 2.
' Negara menjamin kemerdekaan tiap tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadah menurut agamnya dan kepercayaannya.' [ Lihat UUD pasal 29; 1,2] Dalam praktek kenegaraan sering menggunakan kalimat
Allah Tuhan yang maha Esa
Dan kemudian seringlah dipakai dalam keputusan Prisiden atau Pemerintah menggunakan kalimat :
Dengan Rahmat Tuhan yang Maha Esa
(Sebagai pembuka surat keputusan)

5 4 5
2014-03-19T09:19:50+07:00
Rahmat yang diberikan tuhan untuk kita
2 3 2