Jawabanmu

2014-01-13T21:01:58+07:00
Karena pada sepeda tenaga untuk menggerakkan roda adalah tenaga manusia. Dengan tenaga yang kecil, mampu memutar roda.Oleh sebab itu gear depan sepeda selalu lebih besar dari gear belakang.

Pada motor, tenaga berasal dari mesin yang lebih besar tenaganya. Namun bobot sepeda motor jauh lebih besar dari pada sepeda. Agar motor bisa melaju dengan kencang, maka torsi yang dihasilkan oleh gaya gesek roda dengan jalan harus dibuat sekecil mungkin, sehingga putaran mesin tidak macet. Oleh karenanya, gear belakang sepeda motor selalu lebih besar daripada gear depan.
2 5 2
2014-01-13T21:02:29+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
 Karena pada sepeda tenaga untuk menggerakkan roda adalah tenaga manusia yang terbatas. Harapannya dengan tenaga yang kecil, mampu memutar roda.Oleh sebab itu gear depan sepeda selalu lebih besar dari gear belakang.
Sedangkan pada sepeda motor, tenaga berasal dari mesin yang cukup besar tenaganya. Akan tetapi, bobot sepeda motor jauh lebih besar dari pada sepeda. Agar motor bisa melaju dengan kencang, maka torsi yang dihasilkan oleh gaya gesek roda dengan jalan harus dibuat sekecil mungkin, sehingga putaran mesin tidak macet. Oleh karenanya, gear belakang sepeda motor selalu lebih besar daripada gear depan.     
3 5 3