Jawabanmu

2014-03-18T21:28:30+07:00
Bukan dihapus tetapi dapat dikurangi karena pengangguran diakibatkan tingkat pendidikan yg rendah dan kurangnya lahan pekerjaan
2014-03-18T21:32:10+07:00
Karena Banyak faktor yang mendukung terhadap permasalahan pengangguran, antara lain :-Faktor kemiskinan-Faktor pendidikan-Faktor keahlian-Faktor budaya-Dan faktor pasaran seperti kurangnya lapangan kerja

Pengangguran memang tidak dapat dihapuskan secara total dalam waktu singkat, tetapi setidaknya dapat ditekan sehingga keadaan perekonomian dapat stabil. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran dan meningkatkan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.

Untuk mengatasi masalah pengangguran pemerintah telah membuat 5 kebijakan. Antara lain:
1. Mengubah kebijakan politik ekonomi makro, agar merangsang pertumbuhan ekonomi yang kemudian bisa menciptakan lapangan kerja baru.
2. Membuat kebijakan fiskal dan moneter yang juga ramah terhadap tenaga kerja. 
3. Kebijakan ketiga, membangkitkan kembali kegiatan di sektor riil terutama yang bergerak di sektor usaha kecil dan menengah (UKM). 
4. Melakukan reformasi di bidang pertanahan. Selama ini tanah untuk kegiatan produksi, lebih banyak dikuasai secara terbatas oleh kalangan terbatas pula.
5. Kebijakan kelima yang secara khusus sedang digarap Depnaker sekarang, ujar Pasaribu, melipatgandakan usaha peningkatan tenaga kerja di lingkungan keluarga yang berpendapatan kecil. Hal itu dilakukan melalui kerja sama dengan kelompok pengusaha kecil dan menengah dari Jepang.